Cara Menguji MOSFET (Metal Oxide Field Effect Transistor) dengan Multimeter Analog / Digital

MOSFET (Metal Oxide Field Effect Transistor) merupakan jenis transistor yang pengoperasiannya tergantung pada efek medan (Field Effect) yaitu medan listrik pada input GATE atau input gerbangnya.

MOSFET terdiri dari 3 kaki terminal yaitu Gate (G), Drain (D) dan Source (S). Pada umumnya MOSFEt digunakan pada rangkaian-rangkaian elektronika sebagai saklar (switch), penguat (amplifier) dan pencampur (mixer). Transistor dapat digolongkan menjadi 3 jenis yaitu MOSFET tipe N (NMOSFET) dan MOSFET tipe P (PMOSFET).

Cara Mengukur atau Menguji MOSFET (Metal Oxide Field Effect Transitor)

Untuk melakukan pengujian apakah sebuah MOSFET mengalami kerusakan atau tidak, kita dapat menggunakan multimeter digital untuk mengujinya. Meskipun menggunakan cara yang cukup sederhana namun cukup memadai untuk mengetahui kondisi MOSFET tersebut.

Menguji MOSFET tipe N (NMOSFET)

Berikut ini adalah cara untuk menguji MOSFET yang bertipe N (NMOSFET) dengan menggunakan Digital Multimeter yang di setting pada pengukuran Dioda.

1. Atur Posisi Saklar Multimeter Digital pada Pengukuran Dioda.

2. Hubungkan Probe Hitam atau Negatif (-) Multimeter ke kaki terminal “Source”.

3. Sentuh Probe Merah atau Positif (+) Multimeter ke kaki terminal “Gate”.

4. Pindahkan Probe Merah atau Positif (+) Multimeter tersebut ke kaki terminal “Drain”, sedangkan Probe Hitam (-) masih tetap di kaki Terminal “Source”.

5. Layar Multimeter akan menampilkan nilai tegangan yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan MOSFET telah diaktifkan pada saat probe merah multimeter disentuhkan ke Terminal “Gate”. Kondisi ini menunjukan MOSFET yang diuji ini masih dalam kondisi BAIK.

cara menguji MOSFET

6. Pastikan Probe Hitam (-) masih tetap pada terminal “Source” dan Probe Merah (+) masih pada terminal “Drain”, sentuh terminal “Source” dan “Gate” dengan jari anda untuk melakukan “discharge” atau pembuangan arus terhadap MOSFET yang diuji.

7. Lepaskan jari tangan anda.

8. Layar Multimeter akan menunjukan “open” atau “OL”. Kondisi tersebut menandakan MOSFET yang diuji ini masih dalam kondisi BAIK.

menguji MOSFET

Menguji MOSFET tipe P (PMOSFET)

Cara Pengujian MOSFET tipe P hampir sama dengan MOSFET tipe N, perbedaannya hanya pada polaritas probe yang mengujinya. P MOSFET merupakan kebalikan dari N MOSFET.

Berikut ini adalah cara untuk menguji MOSFET yang bertipe P (PMOSFET) dengan menggunakan Digital Multimeter yang di setting pada pengukuran Dioda.

1. Atur Posisi Saklar Multimeter Digital pada Pengukuran Dioda.

2. Hubungkan Probe Merah atau Positif (+) Multimeter ke kaki terminal “Source”.

3. Sentuh Probe Hitam atau Negatif (-) Multimeter ke kaki terminal “Gate”.

4. Pindahkan Probe Hitam atau Negatif (-) Multimeter tersebut ke kaki terminal “Drain”. (Probe Merah(+) masih tetap di kaki Terminal “Source”).

5. Layar Multimeter akan menampilkan nilai tegangan yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan MOSFET telah diaktifkan pada saat probe hitam multimeter disentuhkan ke Terminal “Gate”. Kondisi ini menunjukan MOSFET yang diuji ini masih dalam kondisi BAIK.

6. Pastikan Probe Merah (+) masih tetap pada terminal “Source” dan Probe Hitam (-) masih pada terminal “Drain”, sentuh terminal “Source” dan “Gate” dengan jari anda untuk melakukan “discharge” atau pembuangan arus terhadap MOSFET yang diuji.

7. Lepaskan jari tangan anda.

8. Layar Multimeter akan menunjukan “open” atau “OL”. Kondisi tersebut menandakan MOSFET yang diuji ini masih dalam kondisi BAIK.

Baca juga : Pengertian Field Effect Transistor (FET) dan Jenis-jenisnya

Next Post Previous Post
close