Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome

Cara mempercepat download atau unduhan file saat menggunakan chrome - Apakah kalian terbiasa browsing atau menjelajah di internet menggunakan sebuah peramban google chrome?. Jika iya tentunya kalin juga pastinya melakukan download file juga bukan melalui google chrome?. Entah itu aplikasi, mp3, games dan lain sebagainya.

Apabila proses download file berjalan dengan sangat lambat dan terkadang tidak jalan sama sekali. Maha hal seperti itu dapat menimbulkan rasa emosi dan prustasi ketika menunggu unduhan kalian tersebut tidak selesai-selesai.

Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome

Proses unduhan yang sangat lambat jelas akan memakan waktu yang begitu lama, sehingga kinerja kita tidak akan efektif. Dan terlebih jika kita sedang ditunggu deadline, maka hal tersebut akan sangat membuat kita kerepotan.

Nah, jika kalian sudah mengecek kuota masih banyak namun unduhan di google chrome masih tetap saja lama, berarti kalian mengalami masalah pada google chrome itu sendiri. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, maka pada kali ini Kami akan berbagi tips dan trik mempercepat proses download lewat google chrome dengan mudah.

Penasaran tentang bagaimana cara yang dilakukan untuk mempercepat proses download file dengan google chrome?. Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan agar unduhan file dengan chrome berjalan lebih cepat.

Cara Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome

1. Hapus Extensions/ekstensi yang tak diperlukan

Extension pada google chrome merupakan sebuah fitur dari google untuk meningkatkan fungsi dari chrome. Jika kalian terlalu banyak memasang extension chrome terkadang fitur ini akan menghambat kecepatan download file yang kalian lakukan. Nah, apabila kalian memiliki extensions chrome yang tak diperlukan sebaiknya kalian menghapusnya saja.

Dan cara untuk menghapus ekstensi di google chrome adalah dengan masuk ke google chrome kemudian klik 3 titik disudut kanan atas - pilih fitur lainnya - pilih extensi - kemudian pilih ekstensi yang tak terpakai dan hapus. Untuk lebih jelasnya mengenai langkahnya maka lihat saja pada gambar dibawah ini.

Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome

2. Hapus history/riwayat di chrome

Setiap kalian membuka atau menjelajah halaman menggunakan browser google chrome, maka histori atau riwayat penelusuran akan terus menerus terkumpul. Nah, jika kalian membiarkan saja maka lambat laun history, cachecontent dan cookies pun akan menumpuk sehingga akan membuat kecepatan download kita menjadi lebih lambat.

Untuk menghapus histori pada chrome, kalian tinggal menekan pada keyboard CTRL+H, selanjutnya akan muncul semua history yang ada pada google chrome kalian - lanjutkan dengan klikclear browsing data dengan begitu semua history pada chrome kalian akan terhapus semuanya seperti contoh lihat pada gambar dibawah ini.

Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome

3. Ubah width dan height

Proses download juga akan menjadi lebih cepat jika kita mengubah width dan height di google chrome. Sehingga kinerja komputer kalian tidak akan berat ketika melakukan download file. Nah, untuk cara mengubah width dan height pada chrome, maka langkah-langkahnya yaitu silahkan kalian buka chrome://flags/

Kemudian tekan tombol CTRL+F pada keyboard - silahkan tuliskan default tile pada kotak pencarian. Dan jika sudah kemudian kalian atur width dan heightnya seperti pada gambar dibawah ini.

Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome

4. Tutup semua tab yang sudah tidak dibutuhkan di chrome ketika ingin mendownload


Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome

Buat kalian yang suka dengan aktifitas browsing dengan membuka banyak tab. Maka perlu diperhatikan juga karena jika terlalu banyak membuaka tab halaman di chrome maka hal ini akan menyedot kapasitas RAM dan juga kecepatan internet kalian. Jelas dengan membuka banyak tab tadi maka jaringan internet yang kalian gunakan akan terbagi-bagi kedalam semua tab yang kalian buka tadi. maka dari itu kalian perlu menutup tab-tab halaman yang tak diperlukan lagi ketika ingin mendownload sebuah file di google chrome agar kecepatan download kalian menjadi lebih mkasimal.

5. Aktifkan flash plugin click

Jika kalian pernah mengalami hal ketika kalian membuka sebuah website seperti tiba-tiba muncul iklan maka hal tersebut termasuk mempengaruhi kecepatan download menjadi lebih lambat. Nah, fitur flash plugin click ini merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh google chrome untuk memberitahukan kepada kalian apakah iklan akan ditampilkan atau tidak. Sehingga iklan tidak akan tiba-tiba muncul pada sebuah situs tertentu.

Untuk cara mengaktifkan fitur flash plugin click pada google chrome, langkah-langkahnya kalian bisa dengan mengikutinya dibawah ini.

  • Langkah pertama yaitu klik tiga titik pada bagian pojok kanan atas. Kemudian lanjutkan dengan cara pilih setting.
  • Pilihlah setelan lanjutan kemudian pilih privacy and security.
Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google ChromeTrik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome
  • Langkah selanjutnya yaitu kalian pilih pada content setting /setelan konten seperti pada gambar berikut ini.
Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome
  • Jika sudah, kemudian lanjutkan dengan pilih flash.
Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome
  • Pada bagian Tanya dulu (Disarankan) silahkan kalian geser kekanan sampai warna biru untuk mengaktifkan flash seperti pada gambar berikut ini.
Trik Mempercepat Proses Download/Unduhan File Menggunakan Google Chrome

Oke, itulah beberapa trik untuk mempercepat proses unduhan pada google chrome. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman kalian yang lain. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencobanya.

Next Post Previous Post