Tampilan, Bagian dan Pengertian Worksheet pada Microsoft Excel

Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar tentang bagian-bagian dari tampilan antarmuka Microsoft Excel. Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang perbedaan dari Workbook, Worksheet, Column (kolom), dan Row (baris).

Sebelum kenal dengan Microsoft Excel, saya yakin sebagian besar dari kita lebih kenal dengan Microsoft Word terlebih dahulu sebagai bagian dari paket aplikasi Microsoft Office yang memang difungsikan untuk menulis dokumen-dokumen dan susunan paragraf dan kalimat sesuai kebutuhan.

Meski sama-sama bisa digunakan untuk membuat dokumen, fungsi dasar dari Ms. Excel berbeda dengan Ms.Word. Microsoft Word lebih difungsikan sebagai aplikasi pengolah kata sedangkan Excel difungsikan sebagai aplikasi pengolah angka.

Lembar kerja Microsoft Excel tidak sama seperti Word yang tampilannya merupakan lembaran-lembaran seukuran kertas cetak, sedangkan tampilan lembar kerja pada Excel lembaran yang dibagi ke dalam beberapa bagian yang pada masing-masing bagiannya dibagi-bagi lagi lebih kecil untuk mempermudah kita dalam melakukan pengolahan data yang sebagian besar merupakan nominal angka.

Perbedaan Workbook dan Worksheet pada Excel

Bagian-bagian Worksheet Pada Microsoft Excel

Pengertian Workbook pada Microsoft Excel

Workbook adalah buku kerja tempat melakukan manajemen data yang dapat menyimpan lebih dari satu Worksheet pada Microsoft Excel. Fungsi Workbook berkaitan dengan seluruh perintah yang ada pada Microsoft Excel. Tampilan awal Workbook hanya terdiri dari satu Worksheet, pengguna dapat menambahnya dengan mudah apabila diperlukan.

Pengertian Worksheet pada Microsoft Excel

Worksheet adalah lembar kerja spreadsheet yang berfungsi sebagai tempat input data oleh pengguna melalui sel, diproses dan ditampilkan pada workbook. Data tersebut diatur oleh workbook sehingga dapat dipindahkan atau copy pada worksheet lainnya. Worksheet terdiri atas baris (row) dan kolom (column). Berdasarkan jumlah baris dan kolom pada microsoft excel, Worksheet Microsoft Excel berisi 17.179.869.184 sel.

kolom dan Baris Excel

Kolom dan Baris Pada Microsoft Excel

Kolom (column) Excel

Kolom pada Ms. Excel mengidentifikasi sel secara vertikal. Kolom Microsoft Excel diidentifikasi mulai huruf A-XFD, sehingga jumlah kolom Microsoft Excel adalah 16.384. Anda dapat menuju sel kolom terakhir dengan Ctrl+End.

Baris (row) Excel

Baris pada Microsoft Excel mengidentifikasi sel secara horizontal. Baris Ms. Excel diidentifikasi mulai dari bari 1 - 1.048.576, sehingga jumlah baris pada Ms. Excel adalah 1048576 baris. Anda dapat Menuju baris Terakhir dengan Ctrl+Page Down.

Sel dan Range Excel

Sel dan Range Pada Microsoft Excel

Sel Excel

Sel (cell) merupakan pertemuan antara kolom dan baris yang merupakan sebuah kotak-kotak kecil pada worksheet. Sebuah sel biasanya diberi nama atau alamat sesuai dengan nama kolom dan barisnya, misal sel C5, artinya merujuk pada sel yang ada dikolom C pada baris nomor 5.

Range Excel

Range atau rentang excel merupakan kumpulan dari beberapa sel pada sebuah worksheet excel.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Row, Column, Cell dan Range pada Excel bisa kalian pelajari pada artikel lainnya.

Selanjutnya kita akan melanjutkan belajar tentang hal-hal yang terkait dengan worksheet excel.

Bekerja dengan Worksheet Excel

Saat membuat sebuah file baru, excel secara default menyediakan 3 worksheet yang diberi nama sheet 1, Sheet 2 dan Sheet 3.

Dengan adanya worksheet maka kita akan lebih mudah dalam melakukan manajemen set data pada file excel yang kita buat. Misalnya pada sheet 1 kita isi dengan data pengeluaran, sheet 2 kita isi data pemasukan sedangkan pada sheet 3 kita gunakan sebagai tempat menyusun laporannya.

Apakah hanya itu saja? tentu saja tidak, selanjutnya kita akan belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan worksheet excel ini.

Cara Menghapus dan Menambah Worksheet

Menambah Worksheet Baru

Untuk Menambah sebuah worksheet bisa dilakukan dengan klik tanda plus (+) yang ada disebelah tab worksheet.

Cara Menambahkan Sheet Excel

Cara lain adalah dengan menuju Tab Home > Group Cells > Insert lalu pilih Insert Sheet.

Menu Insert Sheet Excel

Cara pertama akan menambahkan worksheet baru disebelah kanan, sedangkan cara kedua akan menambah worksheet di sebelah kiri dari tab worksheet.

Jumlah worksheet yang bisa ditambahkan dibatasi oleh memory komputer yang tersedia.

Menghapus Worksheet

Jika tidak diperlukan lagi, anda bisa menghapus satu atau beberapa worksheet dan hanya menyisakan satu worksheet saja. Untuk menghapus worksheet caranya adalah dengan klik kanan pada worksheet yang akan dihapus kemudian pilih Menu Delete.

Cara Menghapus Sheet Excel

Cara kedua adalah dengan menghapus melalui menu Delete Sheet yang ada di Tab Home > Group Cells > Delete.

Menu Delete Sheet Excel

Jika dalam sheet tersebut terdapat data tertentu excel akan menampilkan sebuah pesan peringatan yang menyatakan bahwa sheet akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Berpindah Antar Worksheet

Cara untuk berpindah dari sheet satu ke sheet yang lainnya adalah dengan memilih (klik) nama sheet yang ada dibagian worksheet tab. Selain menggunakan mouse dengan cara tersebut kita juga bisa berpindah antar sheet dengan menggunakan shorcut Ctrl + PgUp atau Ctrl + PgDn.

Merubah Urutan Worksheet

Untuk merubah posisi worksheet dalam urutan tab bisa dilakukan dengan cara klik dan tahan worksheet yang akan dipindahkan, kemudian tarik dan posisikan pada urutan yang dikehendaki pada tab worksheet.

Menyembunyikan dan Menampilkan Worksheet

Untuk menyembunyikan worksheet tertentu lakukan klik kanan pada nama worksheet kemudian pilih menu Hide.

Cara menyembunyikan worksheet excel

Untuk menampilkan worksheet yang tersembunyi caranya dengan klik kanan pada bagian salah satu nama worksheet yang ada di tab worksheet, lalu pada menu yang muncul pilih Unhide. Dari daftar atau list worksheet yang tersembunyi pilih salah satu yang akan ditampilkan.

Cara menampilkan worksheet yang tersembunyi

Merubah Nama Worksheet

Agar lebih mencerminkan isi set datanya sebuah worksheet perlu kita rubah namanya agar lebih mudah kita ingat. Caranya dengan melakukan klik kanan lalu pada salah satu worksheet yang akan kita rubah namanya kemudian pada contextual menu yang muncul pilih rename. Hal ini bisa juga kita lakukan dengan cara yang lebih gampang yakni dengan melakukan double klik pada nama worksheet.

Cara merubah nama worksheet Excel

Next Post Previous Post