Pengertian Sel, Range dan Alamat Sel Pada Excel

Sel pada Microsoft Excel adalah bagian dari suatu baris yang direpresentasikan dalam angka dan kolom yang kemudian diindentifikasikan dengan sel atau alamat sel. Misalkan bagian dari baris 5 dengan kolom B akan membentuk sel dengan alamat sel B5.

Alamat sel pada Ms. Excel dapat dilihat pada "Name Box" atau kotak nama pada workbook Excel. Sedangkan pengertian "Range" Microsoft Excel adalah sekelompok sel yang diidentifikasikan dengan alamat sel dari sel awal ke sel akhir. Range terkait hubungannya dengan alamat sel yang terdiri dari relatif, semi absolut dan sel absolut. Contoh Range B2:D5.


A. Pengertian Sel Pada Microsoft Excel

Contoh sel A1 sebagai sel aktif dimana kita akan memasukkan data di sel aktif tersebut ditandai pada name box atau kotak nama terdapat definisi A1 (sebagai sel yang aktif)

Cara Memasukkan Data pada Sel Microsoft Excel

  1. Pilih Sel dengan mouse atau keyboard (menggunakan anak panah, atau menggunakan Tab untuk pindah kolom dan Enter untuk pindah baris)
  2. Masukkan atau ketikkan data pada sel yang aktif (misal Sel A1) pada Workbook, atau melalui Formula Bar.
  3. Tekan Ctrl+Enter untuk menyimpan isi data atau tombol Tab, Enter atau arah untuk menyimpan dan berpindah sel.

B. Pengertian Range pada Microsoft Excel

Range merupakan sekumpulan yang diidentifikasi dengan nama alamat sel di kiri atas dan alamat sel di kanan bawah. Misal kita akan memilih range pada worksheet Excel dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

1. Menggunakan drag mouse

  • Klik salah satu sel tanpa dilepas
  • Drag ke sel berikutnya

2. Menggunakan keyboard

  • Pilih salah satu sel
  • Tekan Shift tanpa dilepas
  • Arahkan dengan tombol arah pada keyboard untuk memilih entri range

Berikut daftar shortcut keyboard yang dapat digunakan untuk memilih range dengan keyboard.

 Shortcut Keyboard Fungsi / Kegunaan
 Ctrl+Space Memilih semua entri dari kolom aktif
 Shift+Arah lalu Crtl+Space Memilih semua entri dari multi kolom aktif
 Shift+Space Memilih semua entri dari baris aktif
 Shift+Arah lalu  Shift+Space Memilih semua entri dari baris kolom aktif
 Shift+Arah Cara biasa memilih sel range
 Shift+Ctrl+Home Memilih sel dari sel aktif ke sel awal (A1)
 Shift+Ctrl+End Memilih sel dari sel aktif ke sel terkhir yang berisi data
 Ctrl+A atau Ctrl+Shift+Space Memilih seluruh sel pada lembar kerja aktif

C. Alamat Sel pada Microsoft Excel (Relatif, Semi Absolut, dan Absolut)

Alamat sel adalah nama sel yang diidentifikasikan dalam baris dan kolom. Alamat sel ini sangatlah penting untuk membentuk pola suatu formula terhadap data-data dalam worksheet. Penerapannya sering digunakan saat akan mengunci sel pada Ms. Excel. Terdapat 3 alamat sel, yaitu alamat sel relatif, semi absolut, dan absolut.

1. Alamat Sel Relatif Microsoft Excel

Alamat sel relatif Ms. Excel adalah alamat sel yang dapat berubah-ubah sesuai dengan letaknya, sehingga alamat sel akan berubah jika di-copy ke sel lainnya.


Perhatikan gambar di atas, Sel C3 dan Sel D3 merupakan sel relatif yang mana ketika formula tersebut di copy ke sel lain maka sel C3 dan sel D4 akan berubah nama sebagaimana pada gambar dibawah ini.


Bisa dilihat pada contoh gambar di atas bahwasannya sel C3 dan sel D4 ketika di-copy ke sel E4 berubah nama menjadi sel C4 dan D4.

2. Alamat Sel Semi Absolut Excel

Alamat sel semi absolut Microsoft Excel merupakan alamat sel yang bersifat absolut di satu pembentuknya saja, baik itu  kolom atau barisnya. Absolut berarti memiliki nilai tetap dengan cara menambahkan $ sebelum kolom atau sebelum baris yang akan dibuat absolut. Misal kita akan mengabsolutkan kolom C saja pada sel C3, sehingga menjadi $C3 (yang artinya kolom C bersifat absolut sedangkan baris ke 3 tidak)

Bisa kalian lihat pada gambar di atas, kolom C dan kolom D telah di absolutkan, ketika sel tersebut di copy ke sel lain maka kolom C dan kolom D tidak berubah sedangkan barisnya berubah.

Baca juga : Tipe Data pada Microsoft Excel

3. Alamat Sel Absolut Microsoft Excel

Alamat sel absolut adalah alamat sel yang bersifat absolut atau tetap dimana kolom dan barisnya tidak berubah ketika kita copy ke sel lainnya. Sama dengan sel semi absolut, membuat sel menjadi absolut dengan menambahkan tanda $ pada kolom dan baris, contoh sel C3 menjadi sel absolut $C$3.

Ketika sel di copy maka akan seperti pada gambar berikut.

Perhatikan pada sel yang telah di absolutkan yaitu $C$3, ketika di copy ke sel E4 sel $C$3 tetap tidak berubah.

Sekian penjelasan singkat mengenai Pengertian Sel, Range dan Alamat Sel pada Microsoft Excel. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post