Pengertian Komputer Analog dan Digital

Selama paruh pertama abad ke-20, banyak ilmiah komputasi kebutuhan dipenuhi oleh semakin canggih komputer analog , yang menggunakan model mekanis atau listrik langsung dari masalah sebagai dasar untuk perhitungan . Namun, ini tidak dapat diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern.

Komputer Analog

Komputer Analog

Komputer pertama analog yang modern adalah mesin pasang-memprediksi , ditemukan oleh Sir William Thomson pada tahun 1872. The analyzer diferensial , komputer analog mekanik yang dirancang untuk memecahkan persamaan diferensial dengan integrasi menggunakan mekanisme roda-dan-disc, dikonsepkan pada tahun 1876 oleh James Thomson , saudara dari Lord Kelvin lebih terkenal.

Seni komputasi analog mekanik mencapai puncaknya dengan analyzer diferensial , dibangun oleh HL Hazen dan Vannevar Bush di MIT mulai pada tahun 1927. Hal ini dibangun di atas integrator mekanik James Thomson dan amplifier torsi diciptakan oleh HW Nieman. Selusin dari perangkat ini dibangun sebelum usang mereka menjadi jelas.

Pada tahun 1950 keberhasilan komputer elektronik digital telah dieja akhir untuk kebanyakan mesin komputasi analog, tetapi komputer analog tetap digunakan dalam beberapa aplikasi khusus seperti pendidikan ( sistem kontrol ) dan pesawat ( mistar ).

Baca juga :
Komputer Digital

Komputer Digital

Dengan tahun 1938 Angkatan Laut Amerika Serikat telah mengembangkan sebuah komputer analog elektromekanis cukup kecil untuk menggunakan kapal yang kapal selam . Ini adalah Torpedo Data Komputer , yang digunakan trigonometri untuk memecahkan masalah menembakkan torpedo di target bergerak. Selama Perang Dunia II perangkat sejenis yang dikembangkan di negara-negara lain juga.

Replika Zuse 's Z3 , pertama sepenuhnya otomatis, digital (elektromekanis) komputer.

komputer digital awal adalah elektromekanis; switch listrik melaju relay mekanik untuk melakukan perhitungan. Perangkat ini memiliki kecepatan operasional yang rendah dan akhirnya digantikan oleh komputer lebih cepat semua-listrik, awalnya menggunakan tabung vakum . The Z2 , diciptakan oleh insinyur Jerman Konrad Zuse pada tahun 1939, adalah salah satu contoh awal dari sebuah komputer relai elektromekanis.

Pada tahun 1941, Zuse diikuti mesin sebelumnya sampai dengan Z3 , bekerja pertama di dunia elektromekanis diprogram , sepenuhnya otomatis komputer digital. The Z3 dibangun dengan 2.000 relay , menerapkan 22 bit panjang kata yang dioperasikan pada jam frekuensi dari sekitar 5-10 Hz . kode Program disediakan pada meninju Film sedangkan data dapat disimpan dalam 64 kata-kata dari memori atau dipasok dari keyboard. Itu cukup mirip dengan mesin modern dalam beberapa hal, merintis banyak kemajuan seperti angka floating point .

Daripada sulit-untuk-menerapkan sistem desimal (digunakan di Charles Babbage desain sebelumnya 's), dengan menggunakan biner sistem berarti bahwa mesin Zuse lebih mudah untuk membangun dan berpotensi lebih dapat diandalkan, mengingat teknologi yang tersedia pada saat itu. The Z3 yang Turing lengkap.

Komputer Hybrid

Komputer Hybrid

Komputer Hybrid adalah jenis Komputer yang diperuntukan untuk pengolahan data yang sifatnya kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan Digital dengan Analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

Demikianlah Pengertian Komputer Analog dan Digital, semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post