Pengertian Komponen Xtal, Fungsi dan Simbol Xtal

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali komponen elektronika yang ada saat ini, mulai dari resistor, kapasitor, transistor, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun tahukah anda bahwa ada komponen elektronika yang bernama x-tal ?

Ya, mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing lagi dengan komponen tersebut, namun para teknisi elektronika pemula tentu masih sedikit asing dengan komponen x-tal. Namun anda tak usah kawatir karena pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi info mengenai komponen x-tal(kristal) tersebut.

Sebelum itu anda juga harus tahu bahwa komponen x-tal (kristal) juga biasa disebut dengan nama kristal. Jadi jika anda mendengar istilah komponen kristal, berarti komponen tersebut tak lain adalah x-tal. Oke, cukup basa-basinya langsung saja silahkan simak ulasan mengenai komponen x-tal atau kristal berikut ini.

Pengertian X-tal (Kristal)

X-tal atau kristal adalah komponen elektronika yang digunakan sebagai pembangkit frekuensi tinggi. Komponen ini dipilih karna lebih stabil dibandingkan dengan komponen induktor. Selain itu penggunaan komponen xtal juga lebih mudah dibanding dengan induktor. Komponen ini berbentuk pilih dan memiliki dua kaki.

Fungsi X-tal (Kristal)

Seperti yang kita ketahui tadi bahwa kristal atau xtal adalah komponen yang berfungsi resonator. Komponen yang satu ini berfungsi membangkitkan frekuensi dengan bilangan yang stabil (tetap). Kristal biasa digunakan pada rangkaian-rangkaian elektronika seperti radio pemancar, tranciver, walky talky, radio citizen band, dan lain-lain.

Cara membaca xtal atau kristal cukup mudah, yakni dengan melihat angka-angka yang ada di bagian bodynya. Kristal yang sering kita jumpai di pasaran memiliki frekuensi sekitar 27, 125 MHz. Jika anda masih penasaran dengan bentuk dan simbol komponen kristal, bisa lihat di bawah ini.

Simbol X-tal (Kristal)

Semoga ulasan mengenai pengertian dan fungsi Xtal (Kristal) ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semuanya, terutama para teknisi elektronika pemula yang belum mengenal komponen tersebut. Jangan lupa bagikan info ini ke teman-teman anda sesama para teknisi elektronika pemula agar mereka juga bisa mengetahuinya.

Next Post Previous Post