Pengertian Headset, Fungsi dan Bagian-bagian Headset

Kali ini saya akan membahas Pengertian Headset dan Fungsinya. Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telephone seluler

Fungsi Headset

Fungsi utamanya adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih.

Cara Kerja Headset

Cara kerja headset adalah mengubah arus listrik menjadi gelombang suara yang dapat di dengar di telinga kita masing-masing.

Bagian-bagian Headset

Bagian-bagian headset

Macam-macam Headset

1. Headset

Headset merupakan gabungan antara headphone dengan microphone. Headset berbentuk seperti bando yang dilengkapi dengan speaker kecil berbentuk lingkaran pada bagian ujungnya dan di salah satu sisinya terdapat microfon kecil.

2. Headphone

Memiliki bentuk yang sama dengan headset, bedanya pada headphone tidak terdapat microfon. Hanya bisa digunakan untuk mendengarkan musik saj dan tidak bisa digunakan sebagai alat untuk komunikasi.

3. Backphone

Backphone memiliki kegunaan yang sama seperti headphone, perbedaanya hanya terletak pada cara penggunaannya. Backphone tidak dilingkarkan diatas kepala melainkan dilingkarkan dibelakang kepala.

4. Earphone

Earphone memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dibandingkan dengan headphone ataupun headset. Cara penggunaannya pun berbeda tidak dingkarkan di atas kepala melainkan dimasukan atau ditempelkan pada lubang telinga.

Bahaya menggunakan Headset

Berikut beberapa bahaya yang bisa terjadi jika anda sering menggunakan headset.

  1. Sakit telinga permanen
  2. Kehilangan Pendengaran
  3. Infeksi pada telinga
  4. Penyumbatan saluran telinga

Demikianlah Pengertian Headset dan Fungsinya, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post