Pengertian CPU dan Fungsinya

CPU (Central Processing Unit), biasa disebut juga dengan istilah Prosesor, adalah otak dari setiap sistem komputer. Banyak dari kita yang belum memahami apa pentingnya keberadaan sebuah CPU terhadap keseluruhan performa komputer. Apa fungsi dasarnya? Mengapa jadi penting mempunyai sistem pendinginan yang baik untuk menjaga processor pada temperatur idealnya? Kenapa suhunya tidak boleh terlalu panas?

Pengertian CPU dan Fungsinya

Cara Kerja CPU

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register).

Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

Fungsi CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. 

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Otak dari Komputer

Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, keberadaan CPU mirip dengan otak pada manusia. Didalamnya setiap operasi yang anda lakukan pada komputer diproses di. Kinerja komputer anda ditentukan oleh operasi-operasi matematika sederhana. CPU adalah alat yang mengontrol semua operasi tersebut.

Katakanlah anda menggunakan kalkulator untuk menjumlahkan dua angka, angka itu di-input oleh anda dengan menggunakan keyboard. Controller keyboard merubah semua informasi yang anda masukkan ke bentuk kode binary (binary code). Binary code terdiri dari deretan angka 0 dan 1.

Semua informasi ini dikirim ke registry lalu ditransfer ke CPU. Didalamnya terintegrasi ALU (Arithmetical Logical Unit). Unit ini bertanggungjawab terhadap semua operasi logika dan matematika.

Jadi, operasi kalkukasi yang anda minta diterima oleh CPU, lalu diteruskan ke ALU. ALU memberikan respon berupa binary code dan mengembalikannya ke CPU. CPU lalu mentransfer jawaban ke alat output.
Contoh diatas memang sangat sederhana, tapi begitulah ilustrasi bagaimana sebuah processor berfungsi.

Setiap operasi yang anda lakukan melalui komputer, akan terkoneksi ke CPU secara langsung maupun tidak langsung. Jadi sangat penting untuk membuat processor anda selalu dalam kondisi terbaik dengan menjaga suhunya agar tidak terjadi overheating.

Seberapa Cepat CPU saya?

Jumlah operasi yang dapat dilakukan oleh CPU tergantung dari kecepatannya. Kecepatannya diukur dalm satuan Hertz. Satu Hertz berarti komputer anda dapat melakukan satu operasi per satu detik. Kecepatan umum yang sering kita temui biasanya dalam satuan giga hertz. 1 GHz berarti satu juta operasi sederhana dapat dilakukan dalam satu detik. Semakin cepat, semakin banyak instruksi yang dapat diproses dalam waktu satu detik.

Tapi jangan hanya melihat dari angka frekuensinya saja, kecepatan CPU juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti arsitekturnya, ukuran cache, dan hal-hal lain yang harus dievaluasi oleh anda sebelum membeli CPU.

Multi-Core Processor

Multi-core processor sebenarnya adalah sebuah CPU yang mempunyai dua atau lebih inti (cores). Gagasan dasar dari multi-core processor adalah CPU dapat menjalankan beberapa instruksi dalam waktu yang sama. Fitur ini meningkatkan kecepatan kinerja komputer secara signifikan.

Perkembangan teknologi processor

Teknologi CPU terus berkembang dari waktu ke waktu. Di era modern sekarang ini, dua vendor terdepan di dunia , INTEL dan AMD terus berinovasi untuk meningkatkan kinerja CPU. Bukan hanya kecepatannya yang terus meningkat, tapi juga teknologi arsitektur dan pengembangan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Seperti yang kita lihat di pasaran, sudah banyak komputer yang menggunakan multi-core processor, Integrated GPU, dan fitur-fitur lainnya.

Demikianlah Pengertian CPU dan Fungsinya yang bisa saya informasikan, Semoga bermanfaat untuk anda semua.
Next Post Previous Post