Pengertian Back Panel Dan Fungsinya

Back Panel adalah sebuah perangkat keras (Hardware) yang menyatu dengan motherboard yang terdiri dari beberapa banyak port untuk keperluan tertentu. Dari namanya backpanel, terdiri dari 2 kata, yaitu back dan panel. back yang berarti belakang dan Panel yang berarti Panel atau Sebuah Lubang Perangkat khusus yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Letak dari back panel yaitu, di belakang bagian CPU komputer.

Back Panel
Sumber : https://www.google.com/

Port
Sumber : https://www.google.com/

Fungsi dari Port

Fungsi utama dari port itu sendiri adalah untuk menghubungkan komputer dengan komponen eksternal komputer. Biasanya dengan menggunakan kabel, sehingga perangkat bisa saling terhubung dengan komputer. Contoh penggunaan port misalnya adalah port USB, port Keyboard, HDMI dan lainnya.

Kali ini saya akan meberikan ulasan tentang fungsi masing masing port di back panel ini, silahkan disimak:

Port PS/2

Port PS/2 adalah port yang biasanya digunakan untuk mouse dan keyboard jenis PS/2. Port ini biasanya memiliki 2 pasang port yang digunakan untuk mouse dan keyboard. Anda dapat membedakan kedua port tersebut dengan memperhatikan warna dari masing-masing port. Port mouse PS/2 biasanya berwarna hijau, sedangkan port keyboard PS/2 berwarna ungu.

Fungsi Port PS/2 digunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC yang masih menggunakan konektor berjenis ini.

namun,sekarang port PS/2 ini sudah jarang dipakai karena keberadaan Port USB yang Lebih baik dari pada Port PS/2.hal ini dibuktikan dengan banyaknya Laptop yang tidak terintegrasi dengan port PS/2,dan lebih mengandalkan Port USB.

Port USB

nah... inilah penampakan Port USB yang menggantikan fungsi Port PS/2 untuk Keyboard dan Mouse.Port ini memiliki banyak keunggulan,sehingga banyak Accessoris atau I/O Komputer menggunakan Port Berjenis ini.salah satunya ialah,Port ini Mempunyai kecepatan Transfer data yang sangat Cepat dan Flexible.Port ini juga banyak terintegrasi di Laptop.

Port Serial

adalah sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang.

Port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire. Sedangkan untuk jaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet. Berikut beberapa fungsi serial port yaitu menghubungkan antara peripheral (alat) computer lain dengan motherboard, penghubung antara mouse dengan motherboard, penghubung antara modem dengan motherboard, dan mentransmisikan informasi-informasi berupa bit-bit dari mainboard ke perangkat lainnya.

Port Paralel

Port ini berfungsi untuk alat komunikasi motherboard dangan perangkat luar yang bersifat pararel, dan port ini bisa mengirim data yang banyak sekaligus, sehingga lebih cepat daripada yang seri.biasanya port ini digunakan untuk penghubung modem,printer,dan disk drive.

Port VGA

VGA (Video Graphics A) adalah perangkat Output yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun text mode di layar monitor. Artinya VGA menghubungkan sistem komputer dengan monitor.Port VGA merupakan port yang masih banyak digunakan hingga saat ini. port VGA merupakan port yang diliki oleh VGA Card atau graphic card pada sebuah komputer. Konektor dari port VGA ini menggunakan konektor DE 15 dengan jumlah 15 pin.

Penggunaan dan Fungsi Port VGA

Fungsi utama port VGA adalah mentransmisikan data graphic dari sebuah komputer menuju display atau output. Display atau output yang bisa digunakan adalah display monitor, televisi, projector. Kelemahannya? Konektor VGA tidak dapat mentransmisikan sinyal suara

Port LAN atau Ethernet

Yaitu Port untuk menghubungkan komputer dengan internet dengan bantuan router atau switch, juga bisa untuk komputer dengan komputer.

Port Audio

Port ini berfungsi sebagai perangkat audio pada komputer. umumnya Port ini ada 3 buah port yaitu :
  • warna merah : berfungsi sebagai mic
  • warna biru : berfungsi sebagai line in (memasukkan suara dari luar PC)
  • warna hijau : berfungsi mengeluarkan suara

Port Power Source

Port ini biasanya terintegrasi langsung dengan Power Supply yang dihubungkan ke Motherboard untuk menyuplai tegangan listrik ke seluruh perangkat PC. namun, port ini biasanya hanya terintegrasi dengan PC. karena, PC memiliki sumber daya yang langsung oleh listrik bukan dari baterai seperti pada laptop.

Game Port

Port ini berfungsi untuk menghubungkan antara komputer dengan joystick. Dan port ini hanya bisa digunakan untuk bermain game (menancapkan joystick)

Itulah Pengertian Back Panel Dan Fungsi Masing-Masing Port. Mohon maaf bila ada kesalahan info, semoga bermanfaat
Next Post Previous Post