Perbedaan Workbook dan Worksheet pada Microsoft Excel

Untuk menjadi seorang pengguna excel yang profesional memahami perbedaan antara workbook dan worksheet adalah merupakan hal dasar, banyak diantara kita yang telah lama berkecimpung dalam program ini akan tetapi ternyata tidak mengerti apa perbedaan antara workbook dan worksheet itu sendiri walaupun pada kenyataanya mereka mampu menggunakan program  microsoft office excel ini dengan baik.

Mengerti perbedaan antara workbook dan worksheet merupakan hal yang remeh, akan tetapi jangan karna hal yang remeh ini anda dianggap tidak profesional karna anda tidak mengetahuinya.

Di postingan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara Workbook dan Worksheet.

  • Workbook / Buku kerja

Ketika kita membuka atau mengaktifkan microsoft office excel, kita akan di suguhkan dengan tampilan lembaran kosong yang siap untuk digunakan yang terdiri dari 3 lembar sheet sebar, Seluruh tampilan awal ini adalah merupakan workbook atau juga buku kerja.

workbook
  • Worksheet / Lembar kerja

Worksheet adalah lembar-lembar kerja yang berada dalam workbook yang diwakili melalui tab sheet yang terletak pada jendela aplikasi paling bawah sendiri lihat pada gambar.


worksheet

Pada awal kita membuka program ini microsoft office excel akan menyediakan 3 (tiga) worksheet pun demikian kita bisa menambah atau mengurangi sheet-sheet ini sesuai dengan kebutuhan selain itu juga kita juga bisa memberi nama pada tiap-tiap sheet ini dengan nenyesuaikan content data didalamnya untuk mempermudah pencarian data.


worksheet

Untuk mempermudah pemahaman kita tentang perbedaan workbook dan worksheet ini kita ambil contoh workbook (buku kerja) adalah sebuah buku tulis yang mana didalam buku tulis itu terdapat lembaran-lembaran yang merupakan worksheet (lembar kerja).

Next Post Previous Post