Pengertian Search Engine Dan Contohnya

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian, manfaat cara kerja, fungsi dan contoh dari Search Engine (Mesin Pencari). Pastinya anda pernah menggunakan Google untuk melakukan beberapa aktivitas, seperti mencari halaman suatu website atau blog, gambar, video, dan informasi lainnya. Bagaimana bisa sebuah website yang memiliki tampilan yang sangat simpel, namun dapat memberikan banyak informasi yang kita butuhkan? Bagaimana cara kerja dari Search Engine Google?



Pengertian Search Engine

Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).

Hasil pencarian juga memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan bentuk tampilan lainnya. Dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine. Jadi untuk dapat masuk ke urutan halaman pertama Search Engine tidaklah mudah. Banyak perhitungan dan tata cara yang harus dilakukan untuk dapat masuk ke halaman pertama suatu Search Engine. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan teknik SEO atau menggunakan jasa SEO pada website bisnis anda.

Sejarah Singkat Search Engine

Seiring dengan perkembangan dunia maya, Search Engine pun memiliki perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun. Salah satu Search Engine yang cukup terkenal dan banyak dipakai oleh banyak negara adalah Search Engine Google. Namun ada beberapa kelompok membuat Search Engine sendiri untuk negaranya, seperti Search Engine Yandex yang berasal dari Rusia dan telah beroperasi sejak tahun 1997. Kemudian ada Search Engine Baidu yang beroperasi sejak tahun 2000. Baidu didirikan di kampus Baidu yang letaknya di Distrik Haidan, Beijing, RRC. Search Engine lain yang juga terkenal adalah Bing, Yahoo, ASK, MSN, AOL, dan lainnya.

Search Engine Google sendiri muncul di akhir tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai Search Engine yang sudah lebih dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu saja. Pada tahun 2000 Search Engine Yahoo sempat menduduki posisi peringkat puncak, namun hal itu hanya sementara dikarenakan Google berhasil mencapai peringkat tersebut. Google pun diperhitungkan dan dipandang sebagai Search Engine yang utama sampai sekarang ini.

Cara Kerja Search Engine

Kemudian bagaimana cara kerja dari Search Engine yang mampu menampilkan berbagai data informasi yang akurat sesuai dengan kata kunci yang kita berikan? Search Engine Google memiliki software yang bernama Web Crawlers atau disebut juga Googlebot. Cara kerja Software ini, yaitu mengambil halaman-halaman website secara otomatis dengan mengikuti setiap link bersifat Dofollow. Kemudian setiap halaman tersebut akan dianalisa untuk dapat menentukan cara indeks, seperti pembacaan teks pada judul, subjudul, dan bagian khusus yang disebut Meta Tag.

Data tersebut kemudian akan disimpan ke dalam Server yang nantinya dapat digunakan untuk pencaharian data yang diinginkan. Data yang tersimpan dapat berupa halaman suatu website, dari teks, gambar, video dan informasi lainnya. Namun tidak semua halaman suatu website dapat ditemukan, dikarenakan adanya peraturan webmaster yang dapat membuat halaman website untuk dipublikasikan atau hanya untuk private website atau blog.

Anda juga dapat melihat video dibawah ini mengenai bagaimana cara kerja search engine sebenarnya dalam memberikan hasil pencarian yang sempurna bagi kebutuhan anda. Berikut video dari Google "How Search Works" yang dibawakan oleh Matt Cutts yang berada di dalam Channel Google. Di dalam channel tersebut anda dapat melihat perkembangan dari berbagai update dan project terbaru Google. Semoga video dibawah ini dapat membuat anda menjadi lebih paham akan kerja dari Search Engine terutama Google..

Contoh Search Engine

Google

(www.google.com)
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.

Kelebihan

  1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  2. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
  3. Tampilan yang sederhana.
  4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
  5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan

  1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

Yahoo!

(www.yahoo.com)
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar. berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas :

Kelebihan:

  1. Carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
  2. Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
  3. Salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
  4. Banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
  5. Sudah ada di banyak negara

Kekurangan:

  1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
  2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
  3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
  4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

Alltheweb

(www.alltheweb.com)
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.

Kelebihan

  1. Kemudahan dalam mencari.
  2. Tampilan yang sederhana seperti Google.
  3. Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
  4. Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.

Kekurangan

  1. 1Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
  2. Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
  3. Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.

MSN

(http://search.msn.com)
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

Kelebihan

  1. 1mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.

Kekurangan

  1. Pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
  2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

AskJeeves

(http://www.ask.com)
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?)

Kelebihan

  1. Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.

AltaVista

(www.altavista.com)
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

Kelebihan

  1. keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
  2. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.

Kekurangan

  1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

Lycos

(http://www.lycos.com)
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

Kelebihan

  1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
  2. Dalam hal pencarian cepat.
  3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
  4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.

Kekurangan

  1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
  2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
  3. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data

Manfaat Search Engine

Banyak dari kita sering memakai Search Engine, lalu apa manfaat dari Search Engine? Pastinya manfaat dari Search Engine adalah mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata "Pengertian Search Engine" maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.

Dari berbagai sektor Search Engine sebenarnya telah memberikan banyak manfaat seperti dilihat dari sudut pemilik web blog. Dimana setiap web blog yang memberikan informasi yang relevan dan lengkap, maka dapat dipastikan secara tidak langsung halaman informasi web blog anda akan naik ke halaman pertama pencarian. Selanjutnya pengunjung akan terus berdatangan dan membuat web blog anda akan kebanjiran pengunjung.

Umumnya tidak semua artikel pada web blog satu dengan yang lainnya lengkap atau kaya akan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Namun berbagai pemilik web blog mulai memaksakan artikelnya agar mampu berada ke halaman pertama dengan melakukan berbagai cara, salah satunya adalah teknik SEO. Bayangkan bila salah satu kata kunci memiliki ribuan traffic perbulannya, dan artikel atau jualan anda berada di urutan pertama.

Dapat dibayangkan bisnis anda pun akan berkembang dengan pesat sesuai dengan berjalannya waktu. Contohnya jika anda menjual Alat Pemadam Kebakaran, maka sesuai dengan kata kuncinya anda dapat membuat berbagai artikel yang berhubungan dengan "Alat Pemadam Kebakaran" dengan informasi yang lengkap dan jelas. Maka dengan begitu sektor pasar anda akan sangat mudah sekali menggapai web blog bisnis anda.

Sekian penjelasan mengenai Pengertian, Cara Kerja dan Manfaat yang diberikan oleh Search Engine (Mesin Pencari). Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya seperti penjelasan mengenai "Mengapa SEO Penting Bagi Website Bisnis Online?".
Next Post Previous Post