Tata Cara Sholat Hajat Yang Benar Dan Mustajab Lengkap Bacaan Doanya

Tata Cara Sholat Hajat Khusus Yang Benar Dan Mustajab Lengkap Bacaan Doanya - Manusia yaitu makhluk yang tidak lepas dari kebutuhan atau keinginan terhadap sesuatu , baik itu berupa harapan besar dalam mencapai kesuksesan atau hal lainnya. Kadang saat di hadapkan dengan permasalahan tersebut rasa gundah akan selalu menghampiri terutama rasa takut dan tidak percaya diri untuk mampu mencapainya. Dalam problem ini allah swt beserta rosulnya memerintah umatnya untuk memohon pemberian dengan cara melaksanakan sholat sunnah hajat.

Sholat hajat yaitu ibadah sunnah untuk laksanakan setiap orang alasannya hadirnya kemauan tertentu , boleh berupa pekerjaan dan hal lainnya , tujuannya tiada lain untuk meminta kepada alloh swt supaya di hajatkan terkabul , apalagi jikalau keinginannya itu agak sukar untuk di capai , maka dengan melaksanakan sholat hajat khusus pada beberapa malam dengan hati lapang dada niat karena allah , maka di pastikan hajatnya tersebut mampu cepat tercapai.

Pada dasarnya sholat sunnah hajat di kerjakan minimal 2 rakaat hingga 12 rakaat sama hal-nya menyerupai shalat-shalat sunat yang lainnya menyerupai sholat tahajud , sholat istikharah dan yang lainnya , yang menjadi perbedaannya hanya terletak pada niatnya saja , karena memang niat ini menjadi salah satu pembeda antara shalat yang satu dan yang lainnya.

Adapun untuk waktu sholat hajat ini mampu di lakukan kapan saja asal jangan pada waktu-waktu yang telah di larang untuk sholat menyerupai saat terbitnya matahari , setelah ashar dan setelah waktu subuh tetapi lebih afdhal di kerjakan pada pertengahan malam sekitar pukul 1 hingga sebelum datangnya waktu imsyak.

Tata Cara Sholat Hajat Khusus Yang Benar Dan Mustajab Lengkap Bacaan Doanya

Tata Cara Sholat Hajat Khusus Yang Benar Dan Mustajab Lengkap Bacaan Doanya

Sebenarnya dalam mengerjakan sholat ini tidak ada perbedaan dengan sholat lainnya baik itu dalam gerakan atau bacaannya , yang membedakannya hanya terletak pada niatnya saja ,

Tata Cara Sholat Hajat

1. Niat di dalam hati di hadirkan saat takhbirotul ikhram (saya berniat sholat sunat hajat dua rakaat menghadap kiblat karena alloh ta'ala)
2. takhbirotul ikhram
3. membaca doa iftitah
4. Membaca surat Fatihah
5. Membaca salah satu surat dati al-qur'an afdhalnya membaca surat al-kafirun 10 kali pada rakaat pertama dan surat al-ikhlas 10 kali pada rakaat ke dua.
6. Sujud Yang Pertama sambil membaca tasbih 3 kali
7. I'tidal sambil membaca doa i'tidal
8. Sujud yang pertama sambil membaca tasbih 3 kali
9. Duduk di antara dua sujud sambil membaca doanya
10. Sujud lagi sambil membaca tasbih 3 kali

Selanjutnya bangun untuk melaksanakan rakaat ke dua , sebagaimana rakaat yang pertama lalu tasyahud final kemudian salam 2 kali ke kanan dan ke kiri di lanjut dengan melaksanakan sujud sukur dan memohon kepada alloh semoga semua hajat kita cepat terkobul.

Niat Sholat Hajat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: "Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Untuk suratan yang dibaca Afdhalnya pada rakaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas.

Setelah selasai sholat hajat kemudian membaca dzikir dan wirid dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat Hajat. berikut ini adalah doa setelah sholat hajat.

Doa Setelah Sholat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: "Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan  rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang."

Itulah sedikit ihwal sholat hajat khusus semoga apa yang kami bahas ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita mampu mengamalkannya dengan baik. silah untuk di pelajari dengan tata cara sholat hajat khusus yang benar dan mustajab lengkap bacaan doanya yang baik , waktu pelaksanaan , rejeki , ringkasan keajaiban shalat hajat , bayar hutang , pengasihan , yusuf mansur dan lain sebagainya.
Next Post Previous Post