Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya

Microsoft Excel

 Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk merekam dan menganalisis data numerik dan statistik. Microsoft Excel menyediakan beberapa fitur untuk melakukan berbagai operasi seperti perhitungan, tabel pivot, alat grafik, pemrograman makro, dan lainnya. Ms Excel kompatibel dengan beberapa OS seperti Windows, MacOS, Android dan iOS.

Spreadsheet Excel dapat dipahami sebgai kumpulan kolom dan baris yang membentuk tabel. Huruf abjad biasanya ditetapkan untuk kolom, dan angka biasanya ditetapkan untuk baris. Titik pertemuan kolom dan baris disebut sel. Alamat sel diberikan oleh huruf yang mewakili kolom dan nomor yang mewakili baris. Jumlah Sel Microsoft Excel 2016 terdiri dari 1.048.576 Baris dan 16.384 kolom atau 17.179.869.184 Sel.

Mengapa Saya Harus Belajar Microsoft Excel?

Kita semua berurusan dengan angka dalam satu atau lain cara. Kita semua memiliki pengeluaran sehari-hari yang kita bayar dari pendapatan bulanan yang kita peroleh. Agar seseorang dapat membelanjakan dengan bijak mereka perlu mengetahui pendapatan vs. pengeluaran mereka. Microsoft Excel sangat berguna ketika kita ingin merekam, menganilisis dan menyimpan data numerik tersebut.

Bagaimana Cara Membuka Microsoft Excel?

Menjalankan Ms Excel tidak berbeda dengan menjalankan program windows lainnya. Jika Anda menjalankan windows dengan GUI seperti (Windows XP, 7 dan Vista) ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik menu mulai
  • Arahkan ke semua program
  • Arahkan ke Microsoft Excel
  • Klik pada Microsoft Excel

Atau juga dapat membukanya dari menu mulai jika telah ditambahkan disana, juga dapat dibuka melalui pintasan desktop jika telah dibuat.

Sedangkan untuk windows 8.1 dan Microsoft Excel 2013, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik menu mulai
  • Cari Excel pada menu pencarian, semua program yang dimulai dengan apa yang telah Anda ketik akan terdaftar.
  • Klik pada Microsoft Excel

Mengenal Ribbon

Ribbon Menyediakan pintasan ke perintah pada Excel. Perintah adalah tindakan yang dilakukan pengguna. Contoh perintah adalah membuat dokumen baru, mencetak dokumen dan lainnya.

Penjelasan Komponen Ribbon

Ribbon start button - digunakan untuk mengakses perintah seperti membuat dokumen bar, menyimpan pekerjaan yang sudah ada, mencetak, mengakses opsi untuk menyesuaikan Excel, dll.

Ribbon tabs - digunakan untuk mengelompokkan perintah serupa bersama-sama. tab beranda digunakan untuk perintah dasar seperti memformat data agar lebih rapi, menyortir dan menemukan daata tertentu di dalam spreadsheet.

Ribbon bar - bar digunakan untuk mengelompokkan perintah yang serupa.Contohnya, Ribbon bar perataan digunakan untuk mengelompokkan semua perintah yang digunakan untuk menyelaraskan data.

Mengenal Worksheet (Baris dan Kolom, Lembar, WorkBook)

Worksheet adalah kumpulan baris dan kolom. Ketika baris dan kolom bertemu, mereka membentuk sel. Sel digunakan untuk merekam data. Setiap sel diidentifikasi secara unik menggunakan alamat sel. Kolom biasanya diberi label dengan huruf sedangkan baris biasanya berupa angka.

Workbook atau buku kerja adalah kumpulan lembar kerja. Secara default, workbook memiliki tiga sel di Excel. Kita juga dapat menghapus atau menambahkan lebih banyak lembar sesuai kebutuhan. Secara default, lembar diberi nama Sheet1, Sheet2 dan seterusnya dan seterusnya. Kita juga dapat mengganti nama sheet menjadi nama yang lebih bermakna yaitu Pengeluaran Harian, Anggaran Bulanan, dll.

Kelebihan Microsoft Excel

  1. Kompatibilitas dengan berbagai platform/sistem operasi
  2. User Interface yang mudah untuk dipahami
  3. Tersedia lisensi dalam versi grosir
  4. Mudah dipelajari untuk pengguna pemula
  5. Dapat membaca ekstensi standar spreadsheet (.csv)
  6. Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet
  7. Fitur pivot untuk mempermudah manajemen data
  8. Resource RAM dan memory kecil dibanding program sejenis
  9. Spreadsheet yang besar, dapat digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana
  10. Digunakan oleh berbagai industri, instansi dan pekerjaan
  11. Mendukung Visual Basic
  12. Menyediakan fitur Research Pane untuk mempermudah mencari referensi analisa data dengan Microsoft Excel menurut para ahli terkait topik yang diteliti

Kekurangan Microsoft Excel

  1. Jumlah Sel terbatas
  2. Akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik terbatas
  3. Add-ins untuk disiplin ilmu tertentu seperti neural network, fuzzy logic tidak powerfull dibanding software sejenis seperti MATLAB dan SAS

Fungsi Microsoft Excel

Microsoft Excel banyak digunakan di berbagai bidang pekerjaan, baik usaha kecil maupun perusahaan berskala internasional. Adapun beberapa fungsi dari Ms Excel adalah sebagai berikut.

  1. Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan
  2. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas dan memformat data serta grafik
  3. Menghitung dan mengelola investasi, piinjaman, penjualan, inventaris, dan lainnya
  4. Melakukan perhitungan statistika
  5. Melakukan analisis dan riset harga
  6. Konversi mata uang
  7. Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan
  8. Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas
  9. Membuat grafik persamaan matematika
  10. Membuat program Excel dengan Visual Basic
  11. Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian
  12. Sara pembelajaran komputer dan logika
  13. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya

Next Post Previous Post