Pengertian LAN dan Fungsinya

LAN adalah sebuah singkatan dari "Local Area Network" sebuah nama yang dikenal dalam pelajaran ilmu komputer. Jaringan LAN hanya berfrekuensi repiter kecil saja, seperti halnya jaringan komputer pada sebuah LAB Sekolah maupun kampus, biasanya yang di sambungkan dengan menggunakan Kabel UTP.

Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-Fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pengertian UPS dan Fungsinya


Pengertian LAN

LAN yang meruapakan kependekan dari Local Area Network ini merupakan suatu jaringan di mana perangkat keras dan perangkat lunak dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN hanya dapat menjangkau daerah yang sangat terbatas, contohnya hanya bisa menjangkau dalam satu gedung saja.

Oleh karena keterbatas jangkauannya tersebut kecepatan transmisi data akan menjadi sangat tinggi. Kabel LAN juga dikenal sebagai Kabel UTP yang biasanya berbentuk kabel untiran seperti yang ada pada kabel telepon.

LAN sendiri terdiri atas server, client dan gateaway. Dimana server dalam LAN merupakan satu atau lebih komputer yang menggunakan sistem operasi server. Tugas server disini adalah sebagai penydia media simpanan dan layanan lainnya yang membuat komputer-komputer dalam jaringan tersebut mampu menggunakannya baik secara indvidual ataupu bersama-sama.

Sedangkan client meruapakan kompuer yang menggunakan sistem operasi client seperti windows yang terhubung ke LAN. Dan gateaway sendiri merupakan sebuah alat yang ada pada jaringan yang mempunyai fungsi untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain. Fungsi LAN

Fungsi LAN

  1. LAN berfungsi sebagai resource sharing dimana bertujuan agar seluruh program (software), peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tersebut tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
  2. LAN juga dapat berfungsi sebagai pemberi koneksi jaringan internet dalam suatu ruangan.
  3. LAN juga berfungsi untuk membuat keamanan data lebih terjamin karena dengan adanya LAN seorang server dapat mengatur data-data penting yang hanya dapat diakses oleh user tertentu saja.

Komponen-komponen dasar LAN

Workstation, merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer.
Server, perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut. Pada umumnya sumberdaya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendak digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada server.
Link, Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung.
Network Interface Card (NIC), Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal dengan Network Interface Card (NIC).
Network Software, Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja sebagaimana yang dikehendaki.

Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung.
Demikianlah Pengertian LAN dan Fungsinya yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post