Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan manusia.

Sudah ada banyak bahasa pemrograman yang memberikan pengaruh terhadap dunia teknologi. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Go. Sudah mulai banyak perusahaan yang tertarik menggunakan Go. Beberapa perusahaan tersebut seperti Sky DB, Dropbox, Cloudflare, Heroku, Docker, dan bahkan Google sudah mulai menggunakan Go.

Kali ini kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal bahasa pemrograman Go. Setelah mengetahui informasi ini kami berharap Anda tertarik untuk belajar Go karena mungkin Anda juga memerlukannya.
Bahasa Pemrograman Go


Pengertian Bahasa Pemrograman Go

Bahasa pemrograman Go juga dikenal dengan Golang. Bahasa Go bersifat open source yang merupakan sebuah karya dari seseorang bernama Ken Thompson, Griesemer, dan Rob Pike. Ketiganya merupakan karyawan Google yang mengembangkan bahasa ini di tahun 2007. Kemudian Go mulai diperkenalkan ke publik 2 tahun kemudian atau pada tahun 2009.

Bahasa pemrograman Go dikembangkan dengan berdasarkan bahasa C dan juga Java yang memiliki keunggulan notasi ringkas serta mudah dibaca dan dimengerti.

Alasan yang mendasari Thomson, Griesemer, dan Rob Pike membuat Go adalah karena melihat kompleksitas yang dimiliki oleh C++. Hal ini lah yang kemudian mendorong mereka untuk menciptakan bahasa pemrograman baru yang kita kenal dengan Go.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh bahasa pemrograman Go? Berikut ini jawabannya:

1. Cepat
Bahasa Go memang dirancang khusus untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang cepat dengan memanfaatkan resources yang tersedia seefektif dan seefisien mungkin. Berbeda dengan bahasa lainnya seperti Phyton, PHP, maupun Ruby yang memiliki sifat interpreter, namun Go merupakan sebuah kompiler. Hasil dari Go merupakan sebuah file binary yang langsung bisa dieksekusi komputer tanpa harus memerlukan aplikasi lain.

Akan tetapi, hal tersebut berdampak pada ukuran filenya yang cenderung lebih besar. Bahasa pemrograman Go bukan hanya cepat di dalam ekseskusi melainkan juga kompilasi. Ini lah yang membuat bahasa Go mulai banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

2. Mudah Dipelajari
Bahasa Go menghadirkan sintaks-sintaks yang sederhana sehingga membuatnya mudah dipelajari. Meskipun Anda belum pernah menggunakan Go, namun kami yakin Anda tidak mengalami kesulitan untk mempelajari bahasa pemrograman tersebut.

Selain itu, Go juga dilengkapi dengan dokumen terstruktur yang membuatnya lebih rapi. Bahasa pemrograman Go juga menyediakan tutorial yang interaktif untuk membantu Anda mempelajari bahasa ini.

3. Rapi dan Bersih
Ketika Anda menggunakan bahasa Go, maka akan harus menggunakan metodologi penulisan yang digunakan mereka. Metodologi tersebut menghasilakn sebuah rangkaian kode yang rapi dan bersih.

4. Dukungan Komunitas
Meskipun usianya yang terbilang masih muda dibandingkan bahasa pemrograman lain, namun bahasa pemrograman Go memiliki dukungan komunitas yang cukup baik. Sudah banyak perusahaan yang menggunakannya untuk mengatasi berbagai masalah seputar komputika. Hal ini tidak lepas dari kontribusi pengguna dan pengembang Go yang membuat bahasa ini terus berkembang.

Sumber : https://www.nesabamedia.com/
Next Post Previous Post