Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Doa Untuk Kedua Orang Tua - Salah satu ciri anak yang sholeh dan sholehah yaitu mereka yang selalu mendo'akan kedua orang tua-nya , baik ketika masih hidup atau sudah meninnggal , ketika orang tua-nya masih hidup ia selalu mendoakan setiap waktu setelah sholat , ketika telah meninggalpun tak lepas dari itu bahkan selalu datang berziarah ke makam-nya untuk memanjatkan doa semoga ibunya senantiasa di ampuni dosa-dosanya dan di beri kawasan yang di ridoi oleh allah swt.

Orang bau tanah yaitu sosok yang patut di hargai oleh semua anak-anaknya , alasannya yaitu semua jasa-jasa-nya tak akan pernah terhitung dan tak akan mampu di bayar oleh apapun , bahkan uang segudang pun tak akan pernah mampu membeli jasa seorang ibu dan ayah , kasih sayang yang selalu di berikan kepada anaknya sejak di dalam rahim hingga kita sampaumur bahkan hingga maut kasih sayang seorang ayah dan ibu tidak akan pernah padam.

Coba ingat ketika kita masih kecil , seorang ibu rela berdiri tidur tengah malam alasannya yaitu anaknya menangis , seorang ibu rela membersihkan kotoran anaknya , apapun akan di lakukan seorang ibu dan ayah demi anaknya tanpa pamrih , ketika anaknya sudah besar seorang apakah pernah ada seorang ibu minta bayaran kepada anaknya , tidak pernahkan.

Baca juga : Bacaan Niat Sholat Witir Lengkap dengan Latin dan Terjemahnya

https://infoanaksantri.blogspot.co.id/

Begitu besar jasa-jasa seorang ibu kepada anaknya sehingga sehingga sulit untuk di hitung , mungkin tidak akan pernah mampu terhitung dan kesemua itu tidak akan terbayar oleh apapun , kecuali dengan cara berhidmah kepada kepada kedua orang bau tanah dan selalu mendoakan semoga kedua orang bau tanah selalu di beri kesehatan dan berada dalam lindungan alloh dalam segala hal. Di sini kami akan menyajikan do'a untuk kedua orang bau tanah yang mampu di hapalkan dan untuk di amalkan , bagi anda yang hendak mengamalkannya mampu di simak di bawah ini.

Baca juga : Bacaan doa selamat lengkap dengan artinya

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil"

Kemudian untuk doa memohon ampunan untuk kedua orang tua beserta latin dan artinya adalah sebagai berikut.

Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya : "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Itulah bacaan doa untuk kedua orang tua dan doa memohon ampunan untuk kedua orang tua, kita sebagai anak juga harus berbakti kepada kedua orang tua kita yang merupakan suatu kewajiban, kita sebagai anak sering kali menyakiti hatinya. berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita lakukan dalam berbakti kepada orang tua (Ibu dan bapak).

Cara berbakti kepada orang tua

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berbakti kepada orang tua :

  1. Kita harus sopan dan hormat kepada kedua orang tua.
  2. Harus mematuhi perintah keduanya selama tidak bertentangan dengan agama, jika perintahnya bertentangan dengan agama kita tidak perlu mematuhinya.
  3. Tidak boleh berkata kasar kepada mereka
  4. Wajib mengikuti nasihat keduanya. apabila ditegur, kita harus sadar bahwa perbuatan yang kita lakukan tidak diridhai oleh orang tua.
  5. Membantu pekerjaan mereka dalam kegiatan sehari-hari.
  6. Harus menjaga nama baik kedua orang tua dengan cara selalu berbuat baik.
  7. Wajib menjaga keduanya apalagi kalau orang tua kita sudah tua dan renta.

Apabila orang tua kita sudah meninggal dunia, yang harus kita lakukan adalah.

  1. Melaksanakan nasihat keduanya yang diberikan pada waktu masih hidup
  2. Menjaga nama baik kedua orang tua
  3. Mendoakan mereka agar diampuni dosanya dan dilapangkan kuburnya oleh Allah Swt.
  4. Sabda Rasulullah Saw, Yang memerintahkan kita untuk berbakti kepada orang tua, walaupun kedua orang tua kita sudah tiada.

"Telah datang seorang laki-laki (kepada Rasulullah saw) lalu ia bertanya: “Ya Rasulullah, masih adakah kebaikan yang dapat saya kerjakan untuk ibu bapak sesudah meninggalnya ? Rasulullah menjawab:”Ya. Yaitu menyembahyangkan (jenazah) mereka, memintakan ampun kepada Tuhan, menyempurnakan janji mereka, memuliakan sahabat mereka, dan selalu bersilaturahmi dengan orang yang bertalian dengan mereka (kedua orang tua)." (HR. Abu Daud)

Baca juga : Doa Setelah Sholat Wajib lengkap dengan Latin dan Artinya

Nah itulah pembahasan kali ini wacana Doa Untuk Kedua Orang Tua yang mampu kalian amalkan setiap dikala , mudah-mudahan doa ini bermanpaat bagi kita semua. Bagi yang ingin tahu wacana niat dan doa puasa senin kamis mampu di lihat DI SINI.

Next Post Previous Post