Bacaan Doa Iftitah Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Doa iftitah ialah doa yang di bacakan di dalam sholat setelah melaksanakan takhbirotul ikhram dan sebelum membaca surat fatihah adapun hukum membaca doa iftitah ini ialah sunah baik dalam sholat fardlu , sholat sunat dan sholat tarawih , bagi imam ataupun bagi ma'mum , dalam arti meskipun tertinggal atau tidak di baca maka tidak membatalkan sholat dan tidak perlu melaksanakan sujud sahwi.

Tetapi meskipun hukumnya sunat di dalam sholat bukan berarti mampu seenaknya kita tinggalkan alasannya membaca doa iftitah ini merupakan sunah rosul dan tersimpan banyak keutamaan-keutamaan alasannya melihat dari artinya saja doa iftitah ini merupakan doa penyerahan diri kepada dzat alloh swt , supaya kita terhindar dari segala dosa (melakukan kesalahan) membersihkan diri sampai bekasnya sehingga hati kita selalu bersih dari hal-hal yang kotor dan berbentuk dosa.

Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap Latin Dan Artinya

Kemudian di sunahknnya doa iftitah ini jikalau terpenuhi syarat-syaratnya sebagaimana dalam sebuah keterangan yang di antaranya ialah sholat yang di kerjakan seorang muslim bukan di dalam sholat jenajah , tidak habis waktu yang di hitung untuk sholatnya misalkan ada seseorang yang masbok dalam sholat(ketinggalan berjamah) padahal imam padahal imam sudah mau sujud maka si ma'mum yang masbok tidak usah membaca doa iftitah lansung saja membaca surat fatihah melihat jikalau membaca doa iftitah akan kehabisan waktu , dan banyak lagi syarat-syarat yang lainnya , adapun untuk bacaan doa iftitahnya sudah kami sajikan di bawah ini lengkap latin dan artinya.

Baca juga : Niat wudhu dan doa setelah wudhu lengkap dengan latin dan terjemahnya

Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Iftitah

Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap Latin Dan Artinya

Allohu akhbar kabiro walhamdu lillahi katsiro wa subhanallohhi bukhrota-waasiila , inni wajahtu wajhiyalilladzi fatorossamaa watii wal ardho hanii famuslimaw wamaa anaa minal musrikin , inna solati wanusuki wamah yaya wamamati lillahi robbil aalamiin , laa sari kalahuu wabidal lika umirtu waana minal muslimin.

Artinya :

Alloh maha besar lagi tepat kebesarannya , segala puji baginya dan maha suci alloh sepanjang pagi dan sore , ku hadapkan muka hatiku kepada dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan saya bukan lah dari golongan kaum-kaum musyrikin , bersama-sama sholatku , ibadahku , hidupku , dan matiku semata-mata hanya untuk alloh seru sekalian alam tidak ada sekutu baginya dan dengan itu saya perintahkan untuk tidak menyekutukan baginya dan saya dari golongan orang-orang muslim.

Baca juga : Bacaan doa-doa membasuh anggota wudhu lengkap dengan latin dan artinya

Bacaan Doa Iftitah (2)

اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اَللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اَللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ

Allahumma baaid bainii wa baina khothoyaaya kamaa baatdta baiinal masyriki wal magrhribi, Allahumma naqinii min khothooyaa kama yunaqqos tahubul abtyaddhzu minad danas. Allahummaghsil khothoyaaya bilmaai watsalji wal barad.

Artinya: "Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan ku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikan lah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin"

Bacaan Doa Iftitah diatas biasa dibaca oleh saudara kita yang Muhammadiyah.

Sebagaimana yang disebutkan diatas, bahwa bacaan doa iftitah itu banyak macamnya. Yang paling utama, semua versi tersebut bersumber dari petunjuk nabi Muhammad Saw. Sebab doa iftitah itu bagian dari rangkaian ibadah sholat, sedangkan sholat itu harus merujuk kepada yang dicontohkan oleh beliau Rasulullah Saw.

Hukum Membaca Doa iftitah/istiftah adalah Sunnah, diantara dalilnya adalah hadist dari Abu Hurairah, berikut ini.

كان رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذا كبَّر في الصلاة؛ سكتَ هُنَيَّة قبل أن يقرأ. فقلت: يا رسول الله! بأبي أنت وأمي؛ أرأيت سكوتك بين التكبير والقراءة؛ ما تقول؟ قال: ” أقول: … ” فذكره

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam setelah bertakbir ketika shalat, ia diam sejenak sebelum membaca ayat. Maka aku pun bertanya kepada beliau, wahai Rasulullah, kutebus engkau dengan ayah dan ibuku, aku melihatmu berdiam antara takbir dan bacaan ayat. Apa yang engkau baca ketika itu adalah:.. (beliau menyebutkan doa istiftah)" (Muttafaqun ‘alaih)

Setelah menyebut beberapa doa istiftah dalam kitab Al Adzkar, Imam An Nawawi berkata: "Ketahuilah bahwa semua doa-doa ini hukumnya mustahabbah (sunnah) dalam shalat wajib maupun shalat sunnah" (Al Adzkar, 1/107).

Baca juga : Doa selamat lengkap beserta latin dan terjemahnya

Itulah pembahasan dari kami kali ini wacana Doa Iftitah agar pembahasan ini menjadi suatu ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan mampu kita amalkan setiap sholat , dari kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jikalau ada kekurangan dalam basannya.

Next Post Previous Post