Data whatsapp membengkak? Ini Cara Hapus File Sampah Tersembunyi di whatsapp

Cara Menghapus File Sampah Yang Tersembunyi di whatsapp - Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini aplikasi whatsapp memiliki fungsi yang mana sudah menjadi bagian hidup dari tiap pengguna smartphone. Hampir setiap waktu kita selalu membuka dan menggunakan aplikasi whatsapp untuk segala aktifitas komunikasi yang kita lakukan. Sehingga dalam hal itu pastinya akan selalu menambah data penyimapanan, baik yang kita terima maupun kita kirimkan kepada sesama pengguna whatsapp. Namun apakah kalian sadar dan betul memahami secara pasti jikalau aplikasi whatsapp ini merupakan salah satu penyumbang data yang besar yang menyebabkan memori atau penyimpanan pada ponsel cepat penuh.


Ketika kapasitas pada penyimpanan di hp sudah penuh, maka hal ini akan membuat kita kerepotan pastinya. Mendownload atau menyimpan file akan jadi terkendala akibat penuhnya ruang penyimpanan. Dan hal ini bisa mengakibatkan rasa yang timbul berubah jadi luapan emosi yang tak terbendung lagi, seperti jika sedang asik mendownload aplikasi yang datanya cukup besar atau menjalankan program lain, tiba-tiba gagal, karena alasan memory penyimpanan di ponsel tidak mencukupi alias sudah penuh. Maka pastinya kalian akan berpikir dua kali untuk mengatasi hal ini bukan?

Nah, jika kalian telah mencoba mencoba kiat-kiat untuk mengosongkan penyimpanan pada ponsel, apakah kalian sudah melakukannya di penyimpanan data yang bersumber dari whatsapp? Pastinya kita tahu bahwa memang di aplikasi whatsapp atau WA itu terdapat fitur grup yang mana hal ini memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Dan hal itu pastinya memungkinkan cepat membengkaknya data whatsapp. Dan selain dari pada itu ketika melakukan obrolan atau percakapan pribadi, karena saking mudahnya mengirimkan berbagai file melalui whatsapp maka terkadang akan membuat kita sebagai pengguna cenderung mengirimkan atau menerima file melalui whatsapp tanpa memperhatikan penyimpanan pada memori hp kita.

Dan jika demikian adanya, secara sadar tidaknya, bahwa ternyata file yang pernah kalian kirimkan ke teman, atau status whatsapp yang pernah kamu buat, itu sebenarnya tersimpan otomatis lho. Jadi file data tersebut tersembunyi di dalam memory kalian, hanya saja kalian tidak dapat melihatnya begitu saja di dalam galeri di hp kalian. Jadi selain aplikasi ini terus menerus aktif dan memakan RAM pada ponsel, aplikasi whatsapp ini juga akan membuat ruang penyimpanan di hp kalian cepat menipis.

Maka dari itu untuk menghemat ruang penyimpanan di hp, kita sebagai pengguna whatsapp juga perlu rajin membersihkan data/file sampah yang tak terpakai di dalam aplikasi whatsapp. Apalagi jika file-file yang tersembunyi berukuran besar, maka hal itu perlu kamu tindak lanjuti. Nah untuk menghapus file sampah whatsapp yang tersembunyi, kita tak memerlukan sebuah aplikasi pihak ketiga atau mendownload aplikasi tambahan. Lalu bagaimana menghapus sampah whatsapp itu? Untuk menghapus atau membersihkannya kita bisa melakukannya langsung dengan menggunakan file manager. Dan untuk caranya simak baik langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus File Sampah Whatsapp Yang Tersembunyi :

  • Langkah pertama yaitu buka aplikasi File manager/ File saya. Dan biasanya aplikasi ini sudah langsung terinstall pada smartphone karena memang menjadi sebuah aplikasi bawaaan.

  • Jika sudah, kemudian lanjutkan dengan masuk ke penyimpanan internal - Whatsapp - Media.
  • Setelah membuka folder media, disana akan muncul beberapa folder dari whatsapp, mulai dari statuses, whatsapp audio, whastapp dokument, whatsapp image, whatsapp image dan lainnya.
  • Nah, di dalam tiap folder tersebut ternyata masih ada folder lagi didalamnya, misalnya kalian membuka folder whatsapp image, maka dalam folder tersebut akan ada folder lagi seperti sent, privacy, dan gambar yang ada dalam gallery kalian tersebut seperti pada gambar dibawah ini.
  • Dan untuk menghilangkan atau membersihkan data sampah yang tersembunyi ini kalian bisa menghapusnya melalui ini, jadi kalian bisa menghapus seperti file gambar atau video yang pernah kalian kirim melalui folder sent seperti pada gambar diatas.
  • Karena perlu kalian ketahui bahwa ketika kalian menghapus file saat kalian mengirimkan ke teman kalian yang melalui aplikasi whatsapp sebenarnya file tersebut masih tersimpan dalam folder ini. Hanya saja di gallery whatsapp memang tak ada namun sebenarnya masih tersimpan di folder tersembunyi ini.
  • Setelah kalian hapus beberapa file di folder tersebut, selanjutnya bandingkan kapasitas memori kalian sebelum kalian hapus dengan sesudah dihapus. Jadi pastinya hal ini bisa menjadi solusi ketika penyimpanan di hp penuh karena membengkaknya data penyimpanan di aplikasi whatsapp.
Catatan : 
Buat kalian yang mencoba membuka file whatsapp - media, namun tidak ada file-nya, maka kalian bisa membaca artikel yang telah kami tuliskan sebelumnya yaitu mengenai Cara Mudah Menampilkan File Tersembunyi di HP Android.

Oke, mungkin itulah postingan artikel kali ini tentang cara menghapus file sampah di aplikasi whatsapp. Sebagai solusi mengurangi memori penyimpanan pada whatsapp tanpa harus menghapus chat atau obrolan di whatsapp. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba tutorialnya.
Next Post Previous Post