Cara Mudah Membuka / Menampilkan File Tersembunyi Di HP Android

Di android terdapat file-file sistem tersembunyi? Benarkah itu? Jika benar begitu, lalu apa saja file yang tersembunyi di android? dan apa tujuan file tersebut disembunyikan? Nah, pertanyaan-pertanyaan semacam itu pastinya pernah muncul bukan di pikiran para sobat pengguna android sekalian. Jika ditinjau lebih dalam akan hal tersebut, memang bukan lah hal yang tak disengaja, melainkan memiliki tujuan menjaga supaya kita tidak sembarangan dalam menggunakan ataupun mengedit file sistem tersebut yang mana bisa menyebabkan kinerja ponsel android terganggu.

Dalam beberpa kondisi yang terjadi ketika menggunakan hp android, pastilah pernah kalian alami seperti halnya kapasitas memori atau penyimpanan internal di android penuh, padahal dalam pemakaian-nya tidak lah banyak menginstal aplikasi atau menyimpan banyak file. Nah ternyata hal tersebut mungkin saja dikarenakan oleh file-file tersembunyi di android, dimana file-file tersembunyi tersebut telah terisi banyak sekali file yang tak terpakai yang tak pernah kita pikirkan. Karena secara default sistem android yang kita gunakan tidak akan menampilkan beberapa file sistem yang tersembunyi tersebut.
Cara Mudah Membuka / Menampilkan File Tersembunyi Di HP Android

Buat kalian para pengguna smartphone dengan sistem operasi android, jika ingin mencoba melihat file file tersembunyi, maka bisa mengaksesnya melalui file manager. Tak perlu mendownload aplikasi file manager ini, karena biasanya sudah langsung ada di android, karena merupakan salah satu aplikasi bawaan ponsel yang mana berfungsi untuk mengelola file atau berkas-berkas yang ada di perangkat android.

Selain dari pada aplikasi file manager bawaan ponsel, untuk melihat atau menampilkan file tersembunyi di android, kalian juga bisa menggunakan aplikasi file manager lain yang bisa kalian download sendiri di google playstore seperti ES File Explorer atau ASTRO File Manager. Karena ternyata aplikasi-aplikasi tersebut mampu melihat file yang tersembunyi.

Dan hal penting sekali yang perlu kalian perhatikan yaitu pada saat mengakses file, mengedit, atau merubah file tersembunyi, maka diharapkan untuk tidak sembarangan dalam hal itu, karena bisa jadi file yang kalian edit tersebut merupakan file sistem yang penting untuk kelancaran kinerja smartphone android. Namun buat kalian yan penasaran tak ada salahnya juga mencoba melihat file-file tersembunyi yang barang kali file tersebut merupakan file tak berguna.

cara menampilkan atau membuka file/berkas tesembunyi di android

Nah, dibawah ini telah kami tuliskan beberapa langkah yang dilakukan jika ingin melihat atau menampilkan file tersembunyi yang ada di hp android.
  • Langkah yang pertama yaitu silahkan buka aplikasi file manager kalian dan kemudian klik pada ikon yang berada pada sudut kiri atas, seperti yang tampak pada gambar berikut ini.

Cara Mudah Membuka / Menampilkan File Tersembunyi Di HP Android

  • Langkah selanjutnya, klik pada menu setelan dan disini kemudian kalian geser kekanan panelnya pada tulisan tampil berkas tersembunyi untuk mengaktifkan atau mengizinkan berkas atau file tersembunyi ditampilkan didalam file manager.
Cara Mudah Membuka / Menampilkan File Tersembunyi Di HP Android

Catatan : Pada artikel tutorial kali ini kita praktekkan dengan menggunakan ponsel android xiaomi. Dan bagi kalian pengguna smartphone merk lain, mungkin akan ada sedikit berbeda caranya saat menampilkan file tersembunyi ini.

Oke, demikianlah Bagaimana cara untuk menampilkan atau membuka file/berkas tesembunyi di android. Silahkan kalian periksa sendiri file-file yang secara default disembunyikan pada android, barangkali terdapat beberapa file yang tak terpakai yang tersembunyi disana sebagai solusi mengatasi jika memang terjadi kepenuhan ruang penyimpanan di android. Sekian dan terimakasih.
Next Post Previous Post