Cara Merekam di HP Xiaomi Dengan Microphone Eksternal

Bagaimana cara merekam di hp xiaomi dengan microphone eksternal? Bagi kalian yang hobi Karaoke dan juga Vlogger, kebutuhan microphone eksternal merupakan kebutuhan yang cukup penting. Nah dengan menggunakan jenis microphone eksternal tentu suara yang dihasilkan akan jauh lebih jernih, dan dapat menghilangkan noise disekitarnya. Mengingat saat ini kamera ponsel sudah memiliki kualitas kamera yang mumpuni maka banyak pengguna yang memanfaatkan untuk merekam video, membuat vlog, buat film pendek dengan menggunakan smartphone saja.

Cara Merekam di HP Xiaomi Dengan Microphone Eksternal

Namun disamping kualitas dari videonya harus bagus kita juga perlu memperhatikan pula kualitas audionya bukan?. Maka dari itu untuk menghasilkan kualitas audio atau suara yang bagus kalian bisa menggunakan alat yang bernama microphone eksternal. Dan untuk contohnya saja microphone yang dapat kalian gunakan adalah microphone Condenser.

Nah di dalam ponsel xiaomi kebanyakan untuk merekam dengan menggunakan microphone eksternal biasanya cukup kesulitan karena kamera dan juga microphone tidak compatibel. Nah, buat kalian yang barangkali saat ini menagalami kendala saat menghubungkan microphone eksternal dengan hp android khususnya pada HP Xiaomi kalian bisa ikuti langkah langkah dibawah ini :

  • Siapkan Microphone Condenser yang kalian miliki.
  • Siapkan jack/Kabel Splitter atau bisa dengan menggunakan OTG & USB Soundcard

Untuk Kabel Splitter biasanya Untuk Ponsel yang belum support OTG sedangkan OTG dan USB Soundcard bisa digunakan untuk Ponsel yang sudah support OTG. Untuk lebih jelasnya lihat saja gambar berikut ini.

Cara Merekam di HP Xiaomi Dengan Microphone Eksternal

  • Jika sudah kalian siapkan, kemudian hubungkan kabel splitter/soundcard dengan microphone yang kalian miliki, perhatikan lubang jack pada splitter/soundcard. Lubang dengan tanda gambar mic harus di colokkan kedalam microphone sedangkan untuk lubang dengan gambar headset bisa kalian hubungkan ke headset/headphone.
  • Langkah selanjutnya barulah kalian colokkan kedalam lubang mic yang ada di hp. Perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Merekam di HP Xiaomi Dengan Microphone Eksternal

Nah biasanya pada perangkat lain selain xiaomi, cara ini dapat langsung bekerja saat merekam dengan menggunakan aplikasi kamera bawaan yang ada dalam smartphone masing masing, namun cara ini sedikit berbeda karena saya pernah alami saat menggunakan ponsel xiaomi. Maka dari itu kalian perlu merekamnya dengan menggunakan aplikasi bernama Open Camera yang bisa kalian download di google playstore secara gratis.

  • Setelah kalian download silahkan kalian buka aplikasinya dan masuklah pada menu pengaturan - video settings - audio source.

Cara Merekam di HP Xiaomi Dengan Microphone Eksternal

  • Silahkan pilih pad opsi External Mic.

    Cara Merekam di HP Xiaomi Dengan Microphone Eksternal
    • Selesai. Silahkan kalian mulai merekam dengan open kamera ini.
    Baik, itulah artikel tentang cara merekam di hp xiaomi dengan microphone eksternal. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat buat kamu semua pengguna hp xiaomi dan terimakasih atas kunjungannya.
      Next Post Previous Post