Cara Menghapus Sampah Cache di Android Secara Otomatis Dan Manual

Cache merupakan sebuah file yang dibuat secara otomatis untuk menyimpan data sementara dari aktifitas yang kita lakukan di hp android seperti main game, membuka aplikasi atau saat kita melakukan browsing.

Dengan adanya file cache inilah, maka akan meningkatkan kecepatan saat loading sebuah aplikasi atau website yang pernah kita buka. Namun jika terlalu banyak cache yang menumpuk maka akan dapat memberatkan hp android yang kita gunakan.

Karena dengan adanya cache dalam jumlah besar maka file sampah ini akan memperlambat kinerja dari pada hp android. Dan perlu kalian ketahui bahwa semakin besar file cache yang tersimpan dalam perangkat, maka semakin besar beban kapasitas memori perangkat. Dan terlebih lagi jika ada sebuah cache yang rusak, maka hal tersebut akan lebih menambah masalah pastinya.

Cara Menghapus Sampah Cache di Android Secara Otomatis Dan Manual

Jadi buat kalian yang menginginkan Hp androidnya terasa ringan, dan terhindar dari memori cepat penuh, maka kalian perlu membiasakan diri untuk menghapus yang namanya file cache ini. Lakukan lah secara berkala dan rutin dilakukan pada hp android kesayangan supaya perfomanya tetap lancar saat digunakan atau tidak mengalami yang namanya lag.

Dan buat kalian yang mempunyai smartphone yang dirasa menurut kalian terasa lamban, dan kurang mengerti apa penyebab utamanya. Maka cara untuk mengatasinya bisa dengan menghapus file cache di hp android. Dan dibawah ini telah kami paparkan untuk Anda sekalian para pembaca mengenai beberapa manfaat dari kita menghapus cache.

Manfaat Menghapus File Cache/Data Sementara Di Hp Android :

  • Ruang memori internal kalian menjadi luas dan lega.
  • Aplikasi android yang bermasalah akan diperbaharui, seperti aplikasi yang mengalami error saat dijalankan.
  • Performa android akan meningkat dan terasa ringan.
  • Tampilan halaman website akan terlihat baru saat kalian browsing.

Dan untuk menghapus cache sendiri ada cara yang bisa dilakukan di hp android yaitu secara manual maupun secara otomatis. Dan untuk untuk lebih jelasnya mengenai cara menghapus cache di android, maka alangkah baiknya untuk simak dan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Cara Menghapus Cache Di Android Secara Manual


Cara Menghapus Sampah Cache di Android Secara Otomatis Dan Manual

  • Silahkan kalian buka pengaturan - pengelola aplikasi (aplikasi manager).
  • Kemudian silahkan pilih pada aplikasi yang file cachenya ingin kalian hapus.
  • Selanjutnya tinggal pilih Bersihkan Cache.
  • Dan untuk selanjutnya kalian tinggal lakukan hal yang sama untuk menghapus file cache yang ada pada aplikasi/game yang lainnya.

Kemudian selain cara diatas kalian juga bisa menghapus cache dengan cara masuk ke menu pengaturan - penyimpanan - kemudian akan ada menu info tentang penyimpanan data.

Silahakan kalian klik pada data dalam cache, sentuh pada opsi itu maka akan muncul notif "hapus data dalam cache" untuk konfirmasi menghapusnya silahkan kalian klik oke.

Cara Menghapus Sampah Cache di Android Secara Otomatis Dan Manual

2. Cara Menghapus Cache Secara Otomatis Di Android dengan Aplikasi Clean Master

  • Jika belum punya aplikasinya silahkan kalian download dan install aplikasi clean master pada google playstore.
  • Selanjutnya silahkan kalian buka pada menu berkas sampah,maka aplikasi ini akan otomastis memindai semua file berkas sampah.
  • Setelah selesai memindai,silahkan kalian klik bersihkan sampah untuk menghapus cache memory.
Cara Menghapus Sampah Cache di Android Secara Otomatis Dan Manual

  • Tunggulah sampai proses pembersihannya selesai.
Oke, itulah 2 cara mudah menghapus sampah cache yang ada di hp android secara manual maupun otomatis. Jadi perlu di ingat kembali bahwa semakin sedikit jumlah sampah yang ada dalam smartphone kalian, maka akan lebih lega kapasitas memory internal kalian sehingga kinerja ponsel android kalian menjadi lebih optimal dan terhindar dari berbagai masalah soal performa hp android.

Sekian postingan di kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencobanya. Terimakasih.
Next Post Previous Post