Cara Mengecek Berapa Lama Komputer Menyala Pada Windows 7 Dan 8

Cara mengetahui berapa lama komputer menyala - Saat seseorang sedang bekerja menggunakan perangkat komputer, biasanya mereka memerlukan waktu yang cukup lama atau bahkan bisa sangat lama berada di depan komputer. Dan jika komputer dioperasikan cukup lama, maka tentu hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap komponen di dalam komputer itu sendiri.

Hal yang biasa dialami yaitu mengakibatkan kinerja komputer menurun atau komputer menjadi lemot atau mungkin juga mengalami macet atau hang. Dan jika ini terjadi maka tindakan yang dilakukan biasanya dengan merestartnya agar bisa beroperasi kembali.

Dan agar komputer tetap awet maka dari itu kalian perlu membatasi penggunaan komputer kalian. Setidaknya kalian bisa menggunakan komputer dibawah waktu 5 jam setiap kali dinyalakan agar setiap komponen yang ada dalam komputer kalian tidak rusak sehingga akan berakibat over heating atau panas yang berlebih.

Nah, buat kalian apakah sudah ada yang tahu bagaimana cara memantau berapa lama waktu komputer anda menyala tanpa software?. Jika belum, maka di artikel ini kalian akan mengetahui berapa lama waktu komputer menyala dalam hitungan jam, bahkan dalam hitungan hari hanya dengan menggunakan Task manager.

Baca juga :

Dan berikut ini cara untuk melihat berapa lama komputer digunakan:

1. Pada Windows 7/ XP/ Vista

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu silahkan kalian klik kanan pada taskbar kemudian pilih Task Manager atau kalian juga dapat membukanya dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + DEL pada keyboard.
Cara Mengecek Berapa Lama Komputer Menyala Pada Windows 7 Dan 8
  • Setelah masuk pada task manager, kemudian pilih tab Performance, lalu kalian akan melihat pada Up time, dan keterangan Up time itu adalah waktu lamanya komputer kalian sudah menyala. Untuk tampilannya adalah seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Mengecek Berapa Lama Komputer Menyala Pada Windows 7 Dan 8

2. Pada Windows 8

  • Pertama-tama yaitu kalian klik kanan pada taskbar dan lanjutkan dengan memilih Task manager atau kalian juga bisa menekan tombol CTRL + SHIFT  + ESC pada Keyboard.
  • Setelah masuk pada task manager, maka selanjutnya kalian pilih tap performance. Dengan begitu kalian akan melihat UP time. Dimana Up time akan menunjukkan waktu lama komputer menyala.
Itulah cara mudah mengetahui berapa lama waktu komputer dinyalakan. Dengan begitu jagalah komputer kesayangan kalian dengan baik. Gunakan dalam batas kewajaran jangan menyalakan komputer selama 24 jam full. Agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti komputer yang panas dan juga ngehang atau lebih parahnya komputer mengalami kerusakan.

Sekian dan terimakasih.
Next Post Previous Post