Cara Mengatasi Video Blank Hitam/Patah-Patah Saat Diputar Di VLC

Cara Mengatasi Video Blank Hitam/Patah-Patah Saat Diputar Di VLC Media Player - Mungkin buat kalian pengguna Komputer atau laptop sudah tak asing lagi dengan aplikasi pemutar video yang bernama VLC Media Player ini. Dimana aplikasi ini digunakan sebagai aplikasi pemutar video dan audio. Media player VLC ini sangat populer karena aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan media player lainnya. Dan salah satu kelebihannya adalah sebagai salah satu media player yang mendukung semua format video, termasuk juga audio.

Cara Mengatasi Video Blank Hitam/Patah-Patah Saat Diputar Di VLC

Selain memiliki berbagai keunggulan, ternyata ada salah satu keunggulan yang menurut Saya tak bisa diperoleh dari aplikasi media player lain yaitu aplikasi VLC ini mendukung codec dengan fitur yang sangat lengkap. Karena mendukung hampir setiap codec untuk memproduksi semua jenis file media rendah memori ketika memutar menggunakan aplikasi ini, dapat memainkan video dengan format MP4 dan juga BluRay HD.

Namun dari sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi VLC ini tak jarang bagi pengguna yang baru mengistall aplikasi VLC mengalami masalah. Terlebih jika perangkat komputer mereka memiliki spek yang rendah. Dan masalah umum yang sering terjadi adalah aplikasi VLC tidak memunculkan gambar dari video saat diputar, dan selain itu ada juga yang muncul gambarnya namun gambar terlihat blur atau patah-patah seperti tidak kuat saat memutar video tersebut. Dan semua itu hanya bisa kita nikmati dengan suaranya saja. Artinya gambar videonya tidak ada dan hanya muncul suara saja dengan tampilan blank hitam.

Nah, untuk mengatasi atau memperbaiki masalah tersebut ternyata caranya sangatlah mudah kita lakukan. Dan disini kami akan memberikan tutorialnya dengan menggunakan sistem operasi windows. Dan untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mengatasi Video Blank Hitam Atau Patah-Patah Saat Diputar Dengan VLC :

  • Pertama buka aplikasi VLC media player, dan kemudian kalian tekan menutools/peralatan dan pilih preferences atau bisa langsung dengan menekan CTRL+P pada keyboard.
    Cara Mengatasi Video Blank Hitam/Patah-Patah Saat Diputar Di VLC
    • Selanjutnya masuk pada menu input/codec. Nah, pada bagian hardware-accerered decoding (percepatan pendekodean dengan perangkat keras) silahkan di rubah dari automatic menjadi disable(nonaktif).
    • Setelah itu pada opsi x264 preset and tuning selection ubahlah dari ultrafast menjadi medium.
    • Kemudian jika sudah selesai melakukan setting tersebut silahkan kalian klik save/simpan.
    • Tutuplah aplikasi VLC player untuk menerapkan pengaturan ini.
    Cara Mengatasi Video Blank Hitam/Patah-Patah Saat Diputar Di VLC
    • Jika sudah silahkan mulai buka kembali aplikasi VLC media playernya di laptop atau komputer kalian dan coba buka video kalian yang tadinya jika diputar patah-patah atau hanya tampil blank hitam dan sekarang video kalian akan muncul lengkap dan lancar antara gambar dan audionya.
    • Selesai.
    Oke, demikianlah cara mengatasi blank hitam/ patah-patah saat memutar video dengan aplikasi VLC media player di laptop/komputer. Semoga cara diatas dapat membantu kalian yang sedang mengalami masalah saat menonton film dengan aplikasi VLC Media Player. Terimakasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di postingan artikel mendatang.

    Next Post Previous Post