Cara Mengatasi Hp Xiaomi Sinyal Hilang atau Tidak Ada Layanan Jaringan

Pernahkah kamu mengalami keadaan dimana sinyal di hp menghilang secara tiba-tiba? Tentu hal tersebut sangatlah menjengkelkan bukan?. Tanpa adanya sinyal pada hp, kita tidaklah bisa berbuat banyak dengan hp atau ponsel yang kita miliki, karena hampir setiap aktifitas yang kita lakukan di hp membutuhkan yang namanya sinyal. Seperti halnya saat berselancar di internet atau browsing, pastilah hal itu membutuhkan yang namanya sinyal sebagai koneksi internet. Dan jika tidak ada sinyal, maka dipastikan kamu akan mendapati sambungan terputus atau tidak ada layanan jaringan.

Sebenarnya ada cara alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk mengatasi sinyal di hp yang hilang begitu saja, yaitu kita bisa memanfaatkan jaringan wifi yang ada. Namun seperti kita ketahui bersama bahwa untuk mendapatkan jaringan wifi yang gratis itu tidaklah mudah dan terkadang juga lokasinya tersebut tidak pada lokasi yang mudah kita jangkau. Jadi mau tak mau kita harus mengetahui apa saja hal yang menyebabkan sinyal hp yang tiba-tiba menghilang.


Jika sinyal hilang karena gangguan listrik PLN atau gangguan dari masing masing provider-nya itu sudah wajar karena semuanya akan mengalami gangguan yang sama. Misalnya pada saat cuaca  buruk. Namun jika kalian mengalaminya sendirian itu sudah tidak wajar jadi kalian perlu tau penyebab hilangnya sinyal di hp tersebut.

Dan dari sekian banyaknya ponsel android ternyata hp xiaomi lah yang memiliki resiko mengalami sinyal hilang paling tinggi. Dan salah satu penyebabnya kenapa hp xiaomi tidak ada sinyal atau sinyal hilang tersebut, salah satunya yaitu karena banyak yang di distribusikan bukan ke Indonesia tapi malah ke Indonesia. Namun kalian juga perlu mengetahui beberapa faktor apa saja yang bisa menyebabkan sinyal hilang pada hp xiaomi. Berikut ini ulasannya.

cara mengatasi sinyal yang hilang pada hp xiaomi

1. Akibat Kesalahan dari Operator Provider

Ada faktor umum dan paling sering di alami pengguna xiaomi yang sinyalnya hilang atau tidak ada layanan jaringan yaitu karena gangguan dari operator provider. Misalnya kita kehilangan jaringan seluler pada kartu telkomsel, xl, atau yang lainnya. Nah untuk mengecek apakah sinyal rusak karena provider yaitu gampang sekali, dimana kalian bisa mengecek menggunakan kartu lain dari kartu yang kalian pakai saat ini. Jika ternyata bisa untuk internetan sudah jelas ini adalah gangguan dari operator provider.

Nah untuk cara mengatasi sinyal yang hilang karena kejadian yang seperti demikian yaitu kita harus sabar menunggu sampai pihak operator memperbaiki kerusakan jaringan selulernya.

Baca juga :

2. Akibat Kartu SIM Yang Dipakai Rusak

Kalian bisa mengecek kepada teman kalian apakah teman kalian yang sama sama menggunakan kartu yang sama mengalami ganguan sinyal atau tidak. Misalkan kalian menggunakan kartu telkomsel dan teman kalian menggunakan kartu yang sama, jika hanya ponsel kalian saja yag mengalami gangguan jaringan sudah dipastikan kalian mengalami kerusakan kartu sim.

Nah untuk cara mengatasinya yaitu kalian bisa membuka kartu sim yang kalian miliki kemudian kalian bersihkan dengan menggunakan penghapus pada bagian chip nya. Kemudian pasanglah kembali, dimana kalian bisa memastikan sinyal jaringan sudah muncul kembali atau belum.

3. Akibat Pengaturan Yang Salah

Apakah kalian pernah mencoba merubah pengaturan pada sinyal xiaomi pada sinyal xiaomi tetap 4G??jika iya itu adalah kesalahan dari kalian sendiri, karena tak selamanya daerah yang kita kunjungi itu mendukung jaringan 4G.

Nah cara mengatasinya yaitu sialhkan kalian ubah pada pengaturan jaringan SIM dengan mengaturnya menjadi preferred LTE atau di utamakan LTE agar sinyal kita mendapatkan sinyal yang stabil sesuai dengan dukungan tempat.

4. Akibat Kerusakan Software

Kini banyak pengguna Xiaomi yang mengalami hilang sinyal karena kerusakan pada software atau perangkat lunaknya. Dimana poin nomor 4 inilah yang sangat berbahaya, karena dengan ketidaktahuan kita, biasanya sembarangan dalam menginstall aplikasi pihak ketiga ke dalam ponsel xiaomi tanpa mempertimbangkan efek sampingnya. Banyak kemungkinan dari aplikasi pihak ketiga ini lah virus atau malware masuk ke dalam smartphone kita sehingga akan merusak jaringan sinyal kita. Dan biasanya untuk aplikasinya sendiri adalah aplikasi yang didapat tidak melalui google playstore, karena memang di google playstore aplikasinya sudah aman dari virus. Maka dari itu janganlah sembarangan dalam menginstall aplikasi yang tak dikenal.

Nah untuk cara mengatasinya kalian bisa melakukan reset pabrik atau dengan Flash Ulang atau bisa juga dengan mengganti ROM xiaomi.

5. Terakhir karena kerusakan Hardware

Biasanya kerusakan sinyal pada hardware yaitu terletak pada IC sinyal. Kalian bisa melihat ciri ciri android yang mengalami kerusakan IC sinyal power sebagai berikut :
  • No sinyal.
  • Sinyal tidak stabil hilang timbul.
  • Sinyal hilang tiba tiba saat di ON pertama kali ada kemudian tiba tiba menghilang total.
  • Mati saat melakuakn panggilan dan menerima panggilan.
  • Gagal telepon.
  • Baterai boros dan mati total.

Cara termudah untuk mengatasinya yaitu kalian bisa membawa ponsel xiaomi kalian ke dalam service center terdekat, dimana disana kalian bisa menjelaskan secara detail apa saja kerusakan yang terjadi pada ponsel kalian ini.

Oke, demikianlah penyebab sinyal hilang dan cara mengatasi sinyal yang hilang pada hp xiaomi. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post