7 Hal Remeh Yang Bisa Membuat Smartphone Menjadi Cepat Rusak

7 hal sepele yang membuat ponsel cepat rusak - Jika berbicara mengenai kualitas maka awet atau tidaknya sebuah smartphone yang kita gunakan yaitu tergantung dari cara pemakaiannya dalam sehari-hari. Maka dari itu jika kalian menyadari pentingnya smartphone dalam kehidupan, maka kalian harus menjaga smartphone kalian agar tetap awet tentunya.

Dan ternyata dari hal kecil yang mungkin tidak kita sadari pun atau bisa dibilang dengan hal sepele, ternyata dapat mempengaruhi performa dari smartphone itu sendiri. Nah, jika kalian melakukan hal-hal ini secara terus menerus maka jangan salahkan jika ponsel kalian tidak akan awet dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih cepat.

7 Hal Remeh Yang Bisa Membuat Smartphone Menjadi Cepat Rusak

Lalu apa saja kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan smartphone menjadi cepat rusak?. Mari simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Mengisi baterai setelah habis total


7 hal sepele yang membuat ponsel cepat rusak

Janganlah sesekali kalian mengisi baterai dalam kondisi smartphone yang mati total atau benar-benar kosong. Usahakan men-charging baterai dalam level 10-20 persen. Sisa baterai pada kondisi 10 persen diklaim lebih cepat menyerap daya saat di isi ulang, sehingga proses pengisian daya pun dilaporkan akan lebih cepat.

Dan jika kalian memaksakan mengisi baterai dalam kondisi 0 persen maka isi ulang akan memakan waktu yang lama, selain itu juga beresiko membuat kekuatan baterai menjadi menurun walaupun smartphone kalian masih terbilang baru. Jadi jangan biarkan hal sepele ini menjadikan bahaya bagi smartphone kalian.

2. Menggunakan smartphone saat sedang di charge


7 Hal Remeh Yang Bisa Membuat Smartphone Menjadi Cepat Rusak

Saat kondisi smartphone di charge maka proses ini akan menimbulkan energi panas pada smartphone. Buat kalian yang selalu melakukan hal buruk seperti main game, chatting, nonton video, play musik saat ponsel di charge, maka intensitas panas yang ditimbulkan dari ponsel tersebut akan cepat meningkat.

Nah, jika hal seperti ini kerap kalian lakukan dan juga menjadi kebiasaan sehari-hari, maka jangan kaget kalau baterai smartphone kalian menjadi cepat boros, drop dan akhirnya dapat merambat ke kerusakan smartphone tersebut.

3. Kebiasaan Lupa mematikan wifi dan bluetooth


tips menggunakan smartphone agar lebih awet atau tidak cepat rusak

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan smartphone kalian menjadi cepat rusak yaitu jangan sesekali kalian lupa mematikan koneksi wifi dan juga bluetooth, jika tidak sedang dalam jangkauan koneksi. Karena apa? Sistem yang bekerja di smartphone akan terus bekerja mencari koneksi. Dengan begitu smartphone akan terus menerus bekerja keras untuk mensupply daya yang dibutuhkan.

Dan jika hal seperti ini sering kalian abaikan, maka alhasil baterai smartphone kalian akan cepat melemah dan berujung dengan kerusakan pada smartphone.

Baca juga :

4. Menggunakan smartphone dalam ruangan panas


cara menjaga smartphone android agar tetap awet

Umumnya penggunaan smatphone berada dalam suhu sekitar 16 sampai 30 derajat. Usahakan jangan menggunakan smartphone diatas suhu tersebut atau menggunakannya secara langsung terkena sinar matahari. Karena jika hal ini dilakukan akan dapat menyebabkan peningkatan suhu pada mesin smartphone. Dimana hal ini dapat menyebabkan kerusakan smartphone. Logikanya jika suhu ruangan panas maka kondisi yang ada pada smartphone juga akan menjadi makin panas.

5. Salah pilih casing


hal yang dianggap sepele namun dapat membuat smarphone cepat rusak

Umumnya orang membeli casing selain untuk aksesoris dengan tujuan untuk mempercantik tampilan juga untuk melindungi smartphone seperti dari goresan. Namun untuk memilih jenis casing HP, maka kalian pun juga perlu waspada dan juga hati-hati. Karena dengan salah memilih casing untuk smartphone kita ternyata dapat berpengaruh buruk bagi smartphone kita.

Jadi kalian bisa memilih casing yang tentunya dari bahan yang bisa melepaskan panas, seperti kulit atau material berlubang. Dan selain itu saat men-charge baterai smartphone usahakan selalu melepas casingnya agar tidak menimbulkan suhu panas yang berlebih.

6. Smartphone di cas semalaman


cara agar smartphone tidak cepat rusak

Hal yang paling umum orang lakukan yaitu mengecas smartphone sebelum tidur dan saat bangun ponsel sudah terisi penuh. Namun usahakan kalian mencabut smartphone kalian ketika indikator baterai mencapai 90-100 persen. Maka dari itu alangkah baiknya kalian mencabut baterai saat indikator mancapai 90 persen jadi kalian tak perlu menunggu sampai 100 persen.walaupun saat ini smartphone sudah dibekali sebuah kemampuan untuk mengotomatisasi jika charge sudah penuh namun alangkah baiknya kita mengecas jika skala baterai sudah terisi penuh.

7. Lupa dengan kebiasaan yaitu tidak menutup aplikasi yang sudah tak digunakan.


7 hal yang harus dihindari agar smartphone tetap awet

Ketika aplikasi yang tak kalian gunakan maka biasanya aplikasi tersebut tidak akan menutup aplikasinya secara otomatis, melainkan akan tetap berjalan pada latar belakang smartphone. Dan jika hal ini kalian lakukan dengan banyak aplikasi yang kalian gunakan maka akan dapat menyebabkan smartphone kalian menjadi cepat rusak. Karena sejatinya aplikasi yang belum tertutup akan tetap memakan daya baterai. Dan logikanya semakin banyak aplikasi yang belum ditutup maka konsumsi daya baterai akan terbuang sia-sia.


Nah, itulah kebiasaan yang sering dilakukan yang memang jarang orang sadari ternyata dapat menjadi pemicu rusaknya smartphone. Maka dari itu agar smartphone awet atau tidak cepat rusak maka alangkah baiknya untuk menghindari aktivitas-aktivitas yang telah seperti diatas.

Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya juga tentunya. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa kembali di postingan artikel selanjutnya.

Next Post Previous Post