7 Hal Ini Bisa Hemat Baterai Smarphone Kamu Saat Traveling/Bepergian

7 tips hemat baterai smarphone saat traveling/melakukan perjalanan - Traveling atau bepergian merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk menghilangkan rasa penat atau jenuh karena aktifitas sehari-hari. Dan salah satu perangkat yang biasanya dibawa atau sering digunakan saat bepergian yaitu smartphone. Karena bisa dikatakan semua aktivitas atau hal yang kita perlukan dan butuhkan ada pada smartphone. Entah untuk berkomunikasi, membaca, mendapatkan informasi, penunjuk arah jalan, hiburan dan lain sebagainya. Dan tentu saja sebagai dampaknya, jika semakin kalian sering menggunakan smartphone, maka hal tersebut tentunya akan lebih besar dalam memakan daya baterai-nya.
7 Hal Ini Bisa Hemat Baterai Smarphone Kamu Saat Traveling/Bepergian

Dan satu-satunya masalah yang sering dijumpai ketika bepergian adalah kehabisan baterai smartphone dan tidak dapat menemukan tempat untuk mengisi daya baterai. Dimana kalian mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukan stop kontak yang tersedia sewaktu kalian membutuhkan untuk mengecas. Nah, untuk mengatasi hal itu terjadi, berikut ini adalah beberapa metode yang bisa kalian gunakan untuk menjaga masa baterai smartphone saat berada dijalan.

1. Isi daya smartphone kapan pun Kalian bisa

7 Hal Ini Bisa Hemat Baterai Smarphone Kamu Saat Traveling/Bepergian

Jika kondisi baterai smartphone yang masih normal dengan persentase yang baik, kalian bisa melakukan kesempatan untuk mengisinya. misalnya saja jika kondisi baterai 20-30% kalian perlu megisi dayanya. Namun karena saat traveling itu tak ada jaminan untuk bisa menemukan sebuah stop kontak untuk mengisi daya baterai, maka kapan pun kalian bisa usahakan untuk selalu mengisi atau mengecas baterai smartphone walaupun kondisi baterai-nya masih dalam persentase yang tinggi.

2. Selalu gunakan charger daya asli

7 Hal Ini Bisa Hemat Baterai Smarphone Kamu Saat Traveling/Bepergian

Cara selanjutnya yaitu usahakan untuk selalu mengisi daya baterai dengan menggunakan charger yang asli. Karena tidak hanya smartphone kalian akan terisi lebih cepat namun kalian juga mengurangi resiko meledaknya smartphone. Karena biasanya jika charger yang digunakan tidak ori maka biasanya dalam proses pengisian daya baterai smartphone juga akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Dan selain itu juga biasanya jika mencharger dengan menggunakan charger yang bukan ori juga dapat mengakibatkan smartphone menjadi terasa panas. Dan bukan tidak mungkin charger yang murah yang terbuat dari komponen murahan dapat mudah terbakar.


3. Gunakan mode pesawat/ air plane mode

7 Hal Ini Bisa Hemat Baterai Smarphone Kamu Saat Traveling/Bepergian

Dengan mengaktifkan mode pesawat maka akan membantu kalian dalam menghemat daya baterai dalam jumlah besar. Ketika kalian berada dalam suatu daerah yang sinyal-nya buruk, maka biasanya sinyal nya pun akan hilang-hilangan. Nah kondisi seperti inilah yang akan membuat baterai smartphone kalian cepat tersedot atau lebih boros. Karena kinerja smartphone akan selalu berfungsi untuk membantu kalian dalam menemukan sinyal, dan pencarian sinyal inilah yang akan menghabiskan baterai. Selain itu kalian juga perlu menonaktifkan fitur lain yang bisa menyebabkan baterai terkuras seperti bluetooth dan GPS.

4. Gunakan wallpaper atau tema smartphone gelap

Cara ini merupakan sebuah tips yang bisa kalian gunakan baik saat kalian bepergian maupun tidak. Karena ternyata semakin sedikit pixel yang dibutuhkan di layar smartphone, maka daya baterai smartphone kalian pun akan semakin hemat.

Selain tampilan layar, hal ini juga berlaku pada aplikasi juga. Jadi jika aplikasi memiliki tema gelap atau dark mode seperti youtube, maka hal tersebut juga akan mengurangi konsumsi daya. Dan dari sekian banyak aplikasi ternyata banyak aplikasi yang menawarkan tema gelap.

5. Hapus aplikasi yang menguras baterai

7 Hal Ini Bisa Hemat Baterai Smarphone Kamu Saat Traveling/Bepergian

Terkadang untuk melakukan penghapusan terhadap sebuah aplikasi favorit memang terasa sangat sulit dan butuh pertimbangan. Namun jika kalian ingat bahwa baterai merupakan sumber utama samrtphone kalian, apakah kalian ingin jika smartphone kalian berada dalam kondisi yang mati tanpa daya sama sekali?. Nah aplikasi seperti facebook messenger akan menghabiskan banyak baterai ponsel jadi ketika kalian merasa dapat menghapusnya maka lakukan saja demi perjalanan yang menyenangkan.


6. Turunkan tingkat kecerahan layar

7 Hal Ini Bisa Hemat Baterai Smarphone Kamu Saat Traveling/Bepergian

Untuk menurunkan cahaya atau kecerahan layar smartphone kalian, maka kalian bisa masuk ke pengaturan - tampilan dan kurangi atau atur kecerahan layar smartphone kalian. Selain itu hindari untuk mengatur fitur auto brightness atau matikan saja fitur auto brightness.

Dalam menu tampilan kalian juga dapat mengecek apakah kalian mengaktifkan lokasi gps atau tidak. Jika iya, maka silahkan kalian matikan fitur lokasi/gps kalian. Karena jika kalian membiarkan lokasi hidup hal ini justru akan menguras daya baterai kalian.


7. Unduh/download aplikasi berguna sebelum melakukan perjalanan

Jangan sampai ketika kalian bepergian kalian baru ingat apa saja aplikasi yang dibutuhkan. Nah, dengan mengunduh aplikasi sebelum bepergian, maka kalian bisa menghemat baterai. Seperti hal nya menghunduh peta offline di dalam aplikasi maps sebelum kalian berangkat, atau aplikasi-aplikasi berguna lainnya jadi kapan pun kalian bisa menggunakan atau memainkannya tanpa koneksi internet atau secara offline.

Semakin sedikit aktifitas yang dilakukan pada smartphone kalian, maka semakin besar daya bateri yang akan bisa dihemat. Dan semkin banyak layanan yang bisa kalian matikan maka semakin banyak baterai yang kalian hemat juga.


Demikianlah tips atau cara untuk menghemat baterai smartphone saat traveling, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Dan terimakasih atas kunjugannya di blog ini.

Next Post Previous Post