Relay Bucholz dalam Transformator, Prinsip Kerja, Konstruksi, dan Aplikasinya

Relay Bucholz pertama kali diterapkan pada tahun 1921 oleh “Max Bucholz. Relay ini adalah perangkat keamanan yang digunakan di bidang-bidang seperti transmisi daya, serta distribusi.

Relay ini telah disimpan pada beberapa transformator berisi minyak, dan digunakan sebagai alat pelindung untuk kegagalan listrik pada transformator seperti kebocoran arus, pelepasan fraksional, titik panas dan lengkung adalah fenomena yang menghasilkan aksi isolasi degradasi minyak dengan menghasilkan aliran berbahaya gas dalam tangki transformator.

Ketika trafo sudah dekat, maka ia memiliki dampak ekonomi yang besar pada operasi jaringan catu daya. Dengan demikian, ini bertujuan untuk memastikan pengukuran yang tepat dari kondisi transformator.

Apa itu Relay Bucholz?

Relay Bucholz adalah perangkat keamanan yang biasanya digunakan pada Transformator yang diserap oli besar. Relay bucholz merupakan jenis Relay keamanan yang diaktifkan minyak dan gas.

Tujuan Relay Bucholz adalah untuk memberikan perlindungan kepada transformator dari berbagai kesalahan yang terjadi pada transformator seperti Hubungan pendek (konsleting), antar belokan, inti, baru mulai, dll. Relay ini akan merasakan kesalahan ini dan menutup rangkaian alarm. Diagram Bucholz ditampilkan di bawah ini.

Baca juga :

Relay bucholz

Fitur utama Relay Bucholz meliputi konsistensi yang terbukti di lapangan, Tidak ada alarm palsu, desainnya kuat, desain khusus untuk aplikasi OLTC, transformator kedap udara dan transformator dengan konservator dengan tas karet, dll.

Prinsip Kerja Relay Bucholz

Prinsip kerja dan operasi Relay Bucholz sangat sederhana. Fungsi relay ini tergantung pada fenomena mekanis, yang artinya diaktifkan secara mekanis. Ketika akan ada kesalahan internal kecil di transformator seperti kesalahan isolasi di antara belokan, berhenti bekerja pada inti transformator, suhu inti tinggi, minyak transformator akan membusuk dalam beragam gas hidrokarbon, Co, dan CO2.

Analisis gas relay Bucholz dihasilkan karena peluruhan minyak transformator akan menumpuk di bagian yang lebih tinggi dari wadah Bucholz yang menyebabkan penurunan level minyak di dalamnya.

Prinsip kerja relay bucholz

Ini berarti menurunkan lokasi pelampung dan dengan demikian memutar sakelar merkuri. Sakelar kontak berhenti dan rangkaian alarm menguat. Kadang-kadang karena keluarnya minyak pada tangki utama, gelembung udara dapat menumpuk di bagian atas wadah relay Bucholz yang juga dapat menyebabkan setetes level minyak di dalamnya dan rangkaian alarm akan menguat.

Dengan mengumpulkan gas-gas yang terakumulasi dari kantong-kantong di puncak relay dan dengan memeriksanya, orang dapat mengharapkan jenis kesalahan pada transformator. Berbagai jenis kesalahan disertai dengan aliran minyak yang mengenai baffle plate dan sumber sakelar merkuri dari elemen minor untuk ditutup.

Sakelar ini menggetarkan rangkaian trip pemutus sirkuit yang bersekutu dengan transformator dan tanpa penundaan mengisolasi transformator yang rusak dari sistem tenaga listrik yang tersisa dari inter tripping pemutus sirkuit yang dihubungkan dengan kedua sisi LV dan HV transformator. Beginilah cara kerja relay Bucholz.

Konstruksi Relay Bucholz

Relay Bucholz terdiri dari dua elemen, yaitu elemen atas, dan elemen bawah. Di mana elemen atas mencakup sakelar jenis merkuri yang terhubung ke pelampung. Demikian pula, elemen bawah terdiri dari sakelar merkuri yang meningkat pada flap jenis berengsel yang terletak di garis lurus aliran minyak. Di sini, aliran minyak dari transformator ke konservatori yang bersentuhan dengan pelampung lainnya.

Konstruksi relay bucholz

Bagaimana Cara Kerjanya?

Setiap kali terjadi kesalahan kecil dalam perangkat listrik, panas dihasilkan oleh arus gangguan. Panas yang dibuat menyebabkan dekomposisi gelembung minyak dan gas perangkat listrik dibuat. Gelembung gas ini berjalan ke arah atas dan diperoleh terkumpul di dalam relay Bucholz.

Gas yang terkumpul memindahkan minyak dalam relay Bucholz dan oleh karena itu perpindahannya serupa dengan jumlah gas yang dikumpulkan. Dislokasi oli menyebabkan float yang lebih tinggi menutup sakelar merkuri yang lebih tinggi untuk menghubungkan rangkaian alarm.

Karenanya, begitu kesalahan kecil terjadi, maka alarm akan diaktifkan. Kuantitas gas yang dikumpulkan menentukan kekerasan yang terjadi. Di seluruh kesalahan kecil, pembuatan gas tidak cukup untuk memindahkan float yang lebih rendah. Karenanya, di seluruh patahan kecil, float bawah tidak akan berubah.

Selama kesalahan utama, seperti bagian earth short, panas yang dihasilkan tinggi dan jumlah gas yang dibuat terlalu besar. Jumlah gas yang sangat besar ini dapat mengalir ke atas secara merata, namun gerakannya cukup tinggi untuk memiringkan pelampung minor di dalam relay Bucholz.

Selama kasus ini, pelampung yang lebih rendah dapat mengambil sakelar merkuri yang lebih rendah yang dapat menyebabkan trip trafo dari supply.

Kelebihan dan Kekurangan Relay Bucholz

Kelebihan Relay Bucholz

  • Relay ini menentukan kesalahan antar belokan yang terjadi karena pemanasan inti dan membantu dalam pencegahan kesalahan yang ketat.
  • Lingkungan dan kekerasan dari kesalahan akan menentukan tanpa memisahkan terpisah dari transformator dengan memeriksa sampel udara.

Kekurangan Relay Bucholz

  • Relay semacam ini berlaku untuk transformator yang diserap oli.
  • Relay ini hanya dapat mendeteksi ketika level oli di bawah.
  • Relay ini tidak melindungi kabel penghubung. Jadi keamanan terpisah diperlukan untuk kabel.
  • Ini memiliki waktu respons yang tinggi.
  • Waktu operasi paling tidak dari relay Bucholz adalah 0.1 detik.

Aplikasi Relay Bucholz

Aplikasi relay bucholz

Berbagai jenis kesalahan transformator dapat dilindungi oleh relay Bucholz dan yang diidentifikasi oleh alarm. Aplikasi relay Buccholz meliputi yang berikut ini.

  • Relay Bucholz dapat digunakan pada saat Masuknya gelembung udara dalam minyak
  • Kegagalan isolasi baut Inti
  • Relay Bucholz dapat digunakan di mana pengurangan level oli akan rendah karena kebocoran
  • Relay ini dapat digunakan pada kontak listrik yang longgar dan buruk
  • Bushing menembus
  • Hubungan pendek (konsleting) antar tahap
  • Korsleting Gulungan

Kondisi Operasi Relay Bucholz

Relay Bucholz bekerja di tiga kondisi yaitu

  • Kapan saja gelembung gas terbentuk di dalam transformator karena kesalahan parah.
  • Setiap kali jumlah minyak dalam trafo turun.
  • Setiap kali minyak dalam transformator mengalir dengan cepat dari tangki konservasi ke tangki utama atau dari tangki utama ke tangki konservasi.

Prosedur Pengujian Relay Bucholz

Berbagai jenis prosedur pengujian relay Bucholz meliputi yang berikut ini.

Tes Kebocoran

Relay Bucholz dapat dikemas dengan minyak pada suhu 9°C dan dengan kekuatan batangan dan diverifikasi untuk aliran keluar setelah 30 menit.

Tes Listrik

Koneksi isolasi pembumian dapat memastikan pada tegangan 2000V selama 1 menit.

Tes Fungsional

Pengujian relay Bucholz dapat dilakukan pada unit pengujian terkontrol PLC yang dirancang khusus, serta semua kondisi balasan sistem kontak akan diverifikasi.

Tindakan Pencegahan untuk Instalasi Relay Bucholz

  • Sambungan konduktor harus memiliki sambungan kertas saat menghubungi terminal, bukan karet karena dapat rusak oleh coil.
  • Pelampung transformator harus memeriksa kekakuan udara dengan, misalnya, merendamnya dalam minyak hangat untuk menghasilkan kekuatan berlebih di dalamnya.
  • Pipa sambungan dan penutup relay harus memiliki kemiringan 1.5-3% dan tidak memiliki bagian luar yang memproyeksikan untuk memastikan gas yang masuk ke konservator bersih.
Next Post Previous Post