Doa Penutup Majelis (Kafaratul Majelis) Beserta Artinya

Doa Penutup Majelis (Kafaratul Majelis) Beserta Artinya - majelis atau acara adalah sekumpulan sekelompok orang dalam suatu pembicaraan, meskipun perkumpulan tersebut hanya dihadiri oleh dua atau tiga orang aja. Majelis bisa berupa majelis muamalah, mejelis musyawarah, majelis ta'lim atau pun pengajian. Setiap kali orang berkumpul, tentunya banyak hal yang bisa dibicarakan. Pembicaraan itu bisa berupa hal-hal yang bermanfaat hingga hal-hal yang tidak bermanfaat, dari hal-hal baik yang mendatangkan kemaslahatan sampai hal-hal buruk yang mengundang kemaksiatan dan dosa.

Apabila berkumpul dalam majelis dalam hal kebaikan seperti dzikir maka Allah akan menyebut mereka di depan para malaikat. Jadi berkumpul dalam majelis dalam hal kebaikan maka akan mendapatkan rahmat dan lindungan dari Allah.

Baca juga : Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap dengan Latin dan Terjemahnya

Sabda Rasulullah SAW:

لَا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا حَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Artinya:"Tidak sekelompok orang duduk berdzikir kepada Allah, kecuali para malaikat akan mengelilinginya rahmat Allah akan meliputinya, ketentraman akan turun kepadanya, dan Allah menyebut-nyebut mereka di hadapan (para malaikat) yang ada di sisi-Nya"

Dalam sebuah  acara pada umumnya pasti ada yang namanya pembukaan dan  penutup acara dan kalimat yang digunakan untuk membuka acara tentunya sangat beragam. Sebagai seorang muslim, ketika mengawali sebuah acara pasti tidak terlepas dari ucapan salam serta ucapan puja dan puji syukur kepada Allah SWT. Ketika acara pun tentunya kita tidak  lupa untuk mengucap salam penutup. Sebelum salam penutup alangkah baiknya membaca doa penutup yaitu Kafaratul Majelis terlebih dahulu.

Disebut doa kafaratul majelis kerena doa ini bertujuan untuk menghapus atau menembus dosa dalam mejelis, paling tidak atas segala kesalahan atau kelalaian selama majelis atau acara itu berlangsung. Dan kita berharap supaya pertemuan yang telah diadakan bisa bermanfaat dan mendapat ridhai Allah SWT.

Doa Kafaratul Majelis

Doa Penutup Majelis (Kafaratul Majelis)

سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta astaghfìruka wa atuubu ilaika

Artinya:"Maha suci Engkau, ya Allah Tuhanku, dan aku syukur kepadanya-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Ampunilah dosa-dosaku dan aku bertaubat kepada-Mu"

Baca juga : Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

Itulah yang dapat admin sampaikan sobat semua semoga sangat bermanfaat bagi kita semua.

Next Post Previous Post