Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap dengan Artinya

Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid (Datang Bulan)

Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid Yang Benar Menurut Islam - Haid atau Menstruasi adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita pada waktu tertentu yang bukan disebabkan oleh penyakit atau dikarenakan adanya proses persalinan, dimana keluarnya darah marupakan hal yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kepada seorang wanita.

Niat Mandi Wajib Setelah Haid (Datang Bulan)

Wanita yang sedang haid tidak di perbolehkan untuk shalat, puasa, menyentuh Mushaf, Thawaf dan berhubungan intim dengan suaminya, boleh bercumbu tetapi tidak boleh bertemu dua kelamin,namun di perbolehkan untuk membaca Al-Qur'an tanpa menyentuh mushaf langsung.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِفَاطِمَة بِنْتِ أَبِى حُبَيْسِ إِذَا أَقْبَلَتِ الحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلَاةَ وَإِذَا اَدْبَرَتْ فَاغْتَسِلِى وَصَلِّى

Artinya:''Rasulullah SAW berkata kepada Fatimah binti abi hubais:''Apa bila datang haid, hendaklah engkau tinggalkan shalat dan apabila habis haid itu, hendaklah engkau mandi dan shalat.''(H.R. Bukhari)

Mandi wajib setelah haid hukumnya wajib, caranya sama dengan mandi setelah junub atau mandi setelah melahirkan (Wiladah), yaitu mandi yang perlua dilakukan oleh seorang muslim untuk membersihkan diri dari hadast besar dengan melakukan rukun-rukun yang telah di tetapkan dalam ajaran islam.

Niat Mandi Wajib Setelah Haid

Sebelum melakukan mandi wajib kita harus mengetahui rukun mandi wajib, rukun mandi wajib ada dua yaitu:

1. Niat, pada hakekatnya adalah menyengajakan sesuatu yang di iringi dengan perbuatan. berikut ini adalah niat mandi setelah haid beserta latin dan terjemahnya.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'i khadatsil khaidhi lillaahi ta'aalaa

Artinya : "Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala."2. Meratakan air ke seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kali secara merata, dan membersihkannya.

Baca juga : Niat mandi wajib beserta hal yang mewajibkannya

Untuk sunnah mandi wajib ada lima, yaitu:

  1. Membaca basmallah pada saat mulai mandi
  2. Berwudhu sebelum mandi
  3. Menggosok-gosokan badan dengan tangan keseluruh tubuh
  4. Mendahulukan anggota badan yang kanan daripada yang kiri
  5. Berurutan atau tertib

Demikian yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat bagi kita semua Ammin.

Next Post Previous Post