Bacaan Doa Sapu Jagat Beserta Artinya

Doa sapu jagat

Bacaan Doa Sapu Jagat Beserta Artinya

Doa sapu jagad atau dikenal juga dengan doa selamat dunia akhirat adalah doa yang sering diajarkan oleh orang tua kepada anaknya saat mereka masih kecil. Maka dari itu, mungkin banyak dari kalian yang sudah kenal atau mungkin masih hafal dengan doa sapu jagat.

Doa ini sering dibaca oleh Nabi Muhammada dalam dzikirnya, bacaan yang dianjurkan ini pun mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa. Doa sapu jagat memiliki makna yang sangat dalam yang berisi tentang permintaan seluruh kebaikan dan keselamatan dunia dan akhirat.

Bacaan doa sapu jagat yang pendek juga terdapat di dalam Al-Quran yaitu pada surat Al-Baqarah ayat 201. Berikut bacaan doa sapu jagat.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atina fid-dun-ya ḥasanataw wa fil-akhirati ḥasanataw wa qina ‘ażaban-nar”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka”

Dengan memanjatkan doa ini, artinya kita telah memohon kepada Allah agar diberi keselamatan dan kebaikan di dunia dan di akhirat dan diselamatkan oleh Allah dari siksa api neraka.

Doa Sapu Jagat

Selain bacaan doa sapu jagat di atas, ada juga versi lainnya yang lebih panjang. Meski bacaan doa sapu jagat yang ini sedikit lebih panjang dibandingkan dengan yang diatas, tetapi isi dari doanya masih sama yaitu memohon keselamatan dunia dan akhirat kepada Allah. Berikut bacaan doa sapu jagat.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut.”

“Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Next Post Previous Post