Doa Untuk Orang Lain

Doa nurbuat

Sebagai makhluk Allah, kita tidak boleh egois hanya memikirkan diri kita sendiri. Kita wajib untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain, entah itu dengan sanak saudara ataupun dengan orang yang ada disekitar kita.

Selain itu, kita juga diharuskan untuk mendoakan orang lain. Tidak hanya selalu memohon dan memanjatkan doa untuk diri sendiri saja. Kita bisa memanjatkan doa untuk orang lain yang disayangi seperti orang tua, pasangan, anak, saudara, dan orang-orang disekeliling kita.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang doa untuk orang lain yang bisa diamalkan setiap hari. Silahkan simak ulasan berikut ini.

Doa Untuk Orang Lain

Dalam berdoa, alangkah lebih baiknya jika kita selalu istiqomah. Artinya, kita berdoa bukan hanya sekali atau dua kali saja. Bukan hanya ketika kita sedang ada masalah atau sedang membutuhkan sesuatu, lalu kita datang dan meminta kepada Allah.

Namun, doa yang baik adalah yang dilakukan secara rutin setiap hari dan dilakukan dengan kekhusyukan. Berikut adalah beberapa doa-doa amalan harian yang bisa kita panjatkan kepada Allah untuk memohonkan kebaikan bagi orang lain yang kita sayangi.

Doa Untuk Orang Tua

Orang tua adalah orang pertama yang namanya harus kita sebutkan dalam setiap doa yang kita panjatkan. mereka merupakan orang yang paling berjasa dalam kehidupan kita dan orang yang paling berkontribusi terhadap kesuksesan kita.

Tanpa adanya orang tua, kitapun tidak akan ada di dunia ini. Berkat jerih payah mereka pula, kita bisa hidup dengan nyaman dan menikmati semua yang dianugerahkan Allah.

Berikut adalah bacaan doa untuk orang tua yang harus Anda baca setelah sholat.

Bacaan doa untuk Orang Tua

doa untuk orang tua

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

"Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa"

Artinya: "Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada dirirku di waktu aku kecil."

Doa untuk Pasangan

Sebagai seorang pasangan suami atau istri, kita dianjurkan untuk saling mendoakan. Sang istri memanjatkan doa untuk suaminya begitu juga sebaliknya.

Karena dengan saling mendoakan akan membuat pasangannya senantiasa dalam perlindungan Allah Swt.

Berikut adalah bacaan doa untuk pasangan.

Bacaan Doa untuk Pasangan

doa untuk pasangan

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِي

"Wa'alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna'a alaa ainii."

Artinya: "Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan supaya kamu diasuh dibawah pengawasan-Ku."

Doa untuk Anak

Anak adalah anugerah yang terindah yang diberikan Allah kepada para orang tua. Namun, anak juga bisa menjadi cobaan dan ujian bagi mereka.

Maka dari itu, orang tua harus selalu senantiasa mendoakan anaknya supaya mereka tumbuh menjadi anak yang sholeh dan bermanfaat bagi orang lain.

Berikut ini adalah doa-doa yang harus diamalkan oleh orang tua.

Bacaan Doa untuk Anak

doa untuk anak

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

"Allahumma Bariklii Fii 'Aulaazdii waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrahum."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka."

Doa untuk Saudara dan Sahabat

Kita juga bisa memanjatkan doa untuk orang lain seperti saudara, teman dan sahabat. Seperti sabda Nabi Muhammad, mendoakan saudara atau teman adalah sebuah amalan yang akan disambut baik oleh Malaikat.

Apalagi orang yang kita doakan tidak mengetahuinya. Kita hanya menginginkan kebaikan dari Allah untuk teman tersebut.

Ini adalah doa yang bisa Anda panjatkan kepada Allah untuk memohon kebaikan bagi seorang teman atau sahabat.

Bacaan Doa untuk Saudara atau Sahabat

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

"Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh"

Artinya: "Semoga keselamatan terlimpah atas kalian, juga rahmat Allah dan berkah-Nya."

Doa untuk Seluruh Umat Muslim di Dunia

Pada dasarnya seluruh umat muslim yang ada di dunia ini adalah saudara. Kita memiliki nenek moyang yang sama yaitu Nabi Adam. Maka dari itu, kita wajib untuk mendoakan sesama umat muslim supaya lebih dicintai Allah.

Bacaan doa untuk umat muslim ini diambil dari Al-Quran surat Al-Hasyr ayat 10. Doa ini dapat Anda gunakan sebagai amalan harian.

Bacaan Doa untuk Umat Muslim

bacaan doa untuk seluruh umat islam di dunia

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

"Rabbanaghfir lanaa wa li'ikhwaaninallażina sabaqunaa bi-imaani wa laa taj'al fi qulubinaa gillal lillażina aamanu rabbanaa innaka ra`ufur rahim.”

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."(QS.Al-Hasyr ayat 10)

Demikianlah ulasan mengenai bacaan doa untuk orang lain yang bisa Anda amalkan setiap hari. Karena hanya kepada Allah kita memohon ampunan dan berserah diri.

Next Post Previous Post