Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Dan Contoh Paragraf Persuasi

Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi - Paragraf persuasif atau persuasi merupakan sebuah paragraf yang mempunyai isi memberi bujukan dan permintaan untuk pembacanya biar mempunyai anutan yang sama, mengikuti dan melaksanakan apa yang sudah dituliskan oleh penulis didalam paragraf persuasi. Dengan kata lain paragraf ini mempunyai arti tersirat bahwa setiap perkiraan dan pemahaman insan perihal pendapat, pandangan dan insan sewaktu-waktu sanggup berubah dikarenakan faktor tertentu.

Pada dasarnya pengertian paragraf persuasi berdasarkan para jago yaitu sama mengarah menuju pengetian umum yakni paragraf persuasi yaitu paragraf yang bersifat mengajak dan mempengaruhi pembacanya lewat kalimat-kalimat permintaan dan propaganda. Sedangkan pola paragraf persuasi sendiri sanggup dengan gampang anda temukan dalam kehidupan sehari-hari menyerupai di media masa, koran televisi hingga internet sekalipun kerap memunculkan pola paragraf persuasi tanpa kita sadari.

atau persuasi merupakan sebuah paragraf yang mempunyai isi memberi bujukan dan permintaan untu  Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi

Baca juga :

Paragraf persuasi mempunyai tujuan utnuk mepengaruhi dengan cara menawarkan bujukan pada pembacanya biar setiap orang yang membaca mempercayai dan melaksanakan apa yang disampaikan oleh sang penulis didalam paragraf tersebut. Untuk mempengaruhi pembacanya, paragraf ini dilengkapi dengan fakta, data-data yang bersifat berpengaruh dan bukti-bukti. Didalam paragraf persuasi anda akan sering menjumpai kata yang bersifat mengajak atau sekedar memberi saran rekomendasi menyerupai "Ayo", "Lakukanlah", "Sebaiknya", "Mari" dan lain sebagainya. Maka dari itu paragraf persuasi sangat cocok untuk dijadikan sebagai paragraf penyusun teks iklan yang bersifat propaganda atau memberi himbauan.

Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi

Untuk mengidentifikasi paragraf ini sangat gampang dilakukan dengan melihan struktur dan maksud dari teks atau paragraf itu sendiri. Jika paragraf tersebut bersifat mengajak maka sanggup dipastikan itu merupakan paragraf persuasi. Contoh paragraf ini intinya sanggup anda temukan dalam kehidupan sehari-hari menyerupai ketika anda sedang melihat susukan televisi dan terdapat iklan maka itulah yang dinamakan persuasif.

Pengertian Paragaraf Persuasi

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa paragraf persuasi yaitu jenis paragraf yang bersifat mengajak, menghimbau, dan mempengaruhi dengan mencantumkan fakta, bukti, dan kalimat ajakan.

Ciri-ciri paragraf persuasi

Dari pernyataan yang sudah saya jelaskan di atas sanggup disumpulkan bahwa ciri-ciri paragraf persuasi yaitu sebagai berikut:

  1. Paragraf ini disertai alasan yang kuat, fakta, dan bukti untuk memperkuat bujukan.
  2. Memiliki kalimat yang bersifat mengajak pembacanya untuk melaksanakan apa yang sudah dituliskan dalam paragraf.
  3. Terdapat kata-kata menyerupai ayo, marilah, sebaiknya, dan lain sebagainya untuk mempengaruhi pembaca.
  4. Paragraf persuasi umumnya akan menghindari kemungkinan adanya konflik biar pembacanya merasa dimanjakan.

Karena mempunyai ciri-ciri tersebut, Paragraf persuasi banyak dijadikan dan diterapkan sebagai teks iklan dalam media masa baik itu online maupun media cetak dengan harapan orang yang membaca dan mendengar paragraf ini sanggup berpikiran sama dengan penulis.

Contoh paragraf persuasi:

Makanan merupakan kebutuhan primer insan yang tidak akan pernah sanggup digantikan hingga kapanpun. Makanan membantu insan untuk tumbuh dan berkembang, Makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi menyerupai Roti Baker merupakan jenis masakan yang sesuai untuk dijadikan sarapan sehari-hari anda. Roti Baker mempunyai terbuat dari gandum yang kaya akan karbohidrat sebagai sumber tenaga anda untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. Ayo belilah Roti Baker ditoko roti terdekat dan rasakan kenikmatan sarapan tiada duanya.

Jenis-jenis  paragraf persuasi

Paragraf persuasi sanggup dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan fungsi dan peranannya yakni pendidikan, politik, advertising (periklanan) dan propaganda.

Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi jenis ini umum dipakai untuk kepentingan pendidikan menyerupai instansi, forum universitas dan lain sebagainya. Umumnya paragraf ini berisi himbauan, motivasi, dan permintaan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya hingga jenjang sekolah tinggi tinggi. Tidak jarang juga guru memakai kalimat persuasif jenis pendidikan untuk memotivasi muridnya biar ulet belajar.

Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan:

Pendidikan merupakan hal penting yang harus dirasakan oleh anak cucu kita. Hal ini dikarenakan pendidikan juga menjadi faktor penentu suksesnya seseorang di masa depan. Pendidikan sanggup bersifat formal yakni dilakukan disekolah dan universitas atau bersifat non-formal yang umumnya dilakukan di forum keterampilan atau kursus-kursus setempat. Dengan ulet mencar ilmu dan memanfaatkan kemudahan pendidikan gratis yang diberikan pemerintah kita sanggup mengeyam pendidikan tanpa harus takut mengeluarkan biaya lebih. Maka dari itu marilah kita tingkatkan tingkat dan kualitas pendidikan yang kita miliki biar di masa depan kita mempunyai kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Paragraf Persuasi Politik

Paragraf ini mempunyai tujuan yakni untuk mempengaruhi sekaligus mengajak pembacanya untuk berpikiran sama atau masuk kedalam dunia politik. Paragraf persuasi jenis ini kerap kali dipakai oleh politikus pada ketika pemilihan anggota pemerintahan yang bertujuan untuk kepentingan partai politik tertentu.

Contoh Paragraf Persuasi Politik

Tidak usang lagi kita akan menginjak tanggal diadakannya pesta pemilihan wakil rakyat. Ayo kita gunakan hak pilih yang kita mempunyai untuk membangun indonesia yang lebih baik dan lebih maju. Jangan hingga hak pilih yang anda miliki terbuang sia-sia bahkan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk kepentingan lain. Oleh alasannya yaitu itu teman-teman, saudara sebangsa dan setanah air saya mengajak untuk memakai hak pilih kita untuk menentukan presiden yang benar.

Paragraf Persuasi Advertising (Periklanan)

Paragraf persuasi yang satu ini dipakai untuk tujuan yang bersifat komersil yakni sebagai media iklan yang dibentuk oleh produsen tertentu. Teks dan paragraf ini biasanya dipakai untuk mempromosikan produk produk gres atau untuk meningkatkan rating suatu produk. Persuasi advertising bertujuan untuk memikat pendengar biar membeli produk yang diiklankan. Bahasa yang dipakai juga terkesan lugas dan mengajak secara halus. Sehingga tidak sedikit pula yang terpengaruh oleh paragraf persuasi jenis ini.

Contoh Paragraf Persuasi Advertising:

Susu merupakan penyumbang kalsium tertinggi untuk badan kita. Untuk mencapai masa pertumbuhan yang maksimal kita harus meminum susu yang kaya akan kalsium. Susu Sehat merupakan susu tinggi kalsium dan rendah lemak pertama di Indonesia yang telah diproduksi semenjak tahun 1990. Ayo penuhi kebutuhan kalsium anda dan milikilah bentuk badan keinginan anda. Tingga enggak harus gendut.

Paragraf Persuasi Propaganda

Paragraf jenis ini mempunyai tujuan yang sederhana yakni merubah pola pikir pembacanya biar percaya dan satu memikiran dengan apa yang disampaika oleh penulis. Paragraf ini sangat gampang ditemui dalam novel maupun majalah yang umumnya menawarkan informasi.

Contoh:

Manusa merupakan makhuk sosial yang tidak sanggup hidup tanpa insan lain. Maksud dari kalimat tersebut yaitu setiap insan hidup saling mempunyai rasa ketergantungan dan membutuhkan insan lain dalam kehidupannya. Maka dari itu sebagai insan sekaligus makhuk sosial kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan antar agama, ras, dan suku. Pada dasarnya kita yaitu sama yakni anak bangsa, bangsa Indonesia. Mari kita pundak membahu dan hidup dalam kesinambungan biar tercipta Indonesia yang tenang dan aman.

Itulah artikel tentang Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi yang sanggup saya sampaikan ketika ini. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas lebih dalam perihal pola paragraf persuasi secara mendalam. Hal yang harus anda ingat yaitu bahwa pengertian paragaraf persuasi yaitu paragraf yang memberi permintaan dan bujukan, sedangkan pola paragaraf persuasi sanggup anda temukan dala teks iklan maupun sosialisasi yang bersifat mengajak.

Next Post Previous Post