Pengertian Sistem Bus, Jenis dan Macam-Macam Bus Komputer

Pengertian Sistem Bus, Jenis dan Macam-Macam Bus Komputer

Selamat pagi sobat sekitar fisika, pada kesempatan mimin akan menjelasakna tentang sistem bus. Kalian sudah tau belum apa itu sistem bus? Ada berapa jenisnya? Untuk lebih, yuk perhatikan penjelasan singkat ini.

PENGERTIAN SISTEM BUS

Sistem bus merupakan sistem di mana komponen-komponen dalam sebuah komputer terhubung dengan baik untuk mengerjakan tugasnya. Komponen di sini maksudnya, seperti CPU, memori, perangkat I/O. Komponen tersebut terhubung menjalankan fungsinya dengan baik.

Motherboad PC kita teridiri atas beberapa bus yang menghantarkan sinyal antarkomponen. Bus sering disebut lintasan umum yang digunakan untuk transfer data. Jalur ini juga dapat untuk komunikasi antar dua komputer atau lebih di mana di dalam motherboard mempunyai tiga macam bus yang disusun secara hierarkis, bus yang lambat dihubungkan di bawah bus yang cepat. Setiap peripheral komputer terhubung pada salah satu dari bus-bus ini, dan chipset berfungsi sebagai jembatan atas bus yang berbeda.

JENIS SISTEM BUS

Jenis bus bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu dedicated bus dan multiplexed bus. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Dedicated bus

Dedicated bus merupakan bus yang khusus menyalurkan data tertentu saja. Bus ini mempunyai kelebihan yaitu kepatannya yang tinggi, akan teapi juga mempunyai kelemahan yaitu membutuhkan saluran yang banyak.

2. Multiplexed bus

Multiplexed bus merupakan bus yang menyalurkan data melalui informasi yang berbeda, baik itu data, alamat, dan sinyal kontrol dengan cara multipleks. Keunggulan dari bus ini yaitu tidak memerlukan saluran yang banyak, akan tetapi juga mempunyai kelemahan yaitu kecepatan rendah dan perlunya mekanisme yang kompleks untuk mengurangi data yang multipleks.

JENIS BUS BERDASARKAN FUNGSINYA

Berdasarkan fungsinya, bus dibedakan menjadi 3 macam yaitu, data bus, address bus, control bus. Inilah penjelasan lengkapnya.

1. Data bus

Data bus terdiri dari empat jalur 8,16, 32 dan 64. Data ini mempunyai transmisi dua arah, dari CPU/mikroprosesor ke memori/modul Input-Output atau sebaliknya. Semakin lebar bus maka semakin cepat data yang terikirim. Data bus berfungsi untuk mentransferkan data.

2. Address bus

Address bus merupakan alamat dari modul data. Address bus bersifat dua arah, seperi cpu memberikan alamat yang hendak dituju. Semakin besar bus alamat, semakin banyak lokasi yang diberi alamat. Address bus berfungsi untuk menentukan lokasi yang ingin dibaca. Selain itu juga mentukan data yang ingin dituju.

3. Control bus

Control bus merupakan bus untuk mengontrol data bus dan address bus, serta mengontrol semua modul yang ada. Control bus ini juga sebagai kontrol mekanisme kerja dari data bus dan address bus. Control bus mempunyai dua sinyal, yaitu sinyal pewaktu sebagai pewaktuan dalam validasi data serta alamat. Kemudia sinyal perintah sebagai perintah operasi.

Macam-Macam Bus Utama dalam Sistem Komputer Modern

Pada bus utama sistem komputer, bisa dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu bus prosesor, bus ISA, bus PCI, dan bus AGP. Adapun penjelasan dari keempat jenis bus tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bus Prosesor

Disebut juga front-side bus (FSB), merupakan bus tercepat pada komputer dan merupakan inti dari chipset (dan motherboard). Utamanya, bus ini digunakan oleh mikroprosesor untuk melewatkan informasi ke/dari chache atau memori utama, dan juga ke chipset north-bridge. Bus prosesor pada komputer sekarang berjalan pada kecepatan 66MHz, 100MHz, 133MHz, atau 200Mhz menggunakan lebar jalur data 64 bit (8byte).

2. Bus ISA

Bus 16-bit 8MHz. Kecepatan ini sangat rendah namun cukup ideal untuk peripheral yang memang berkecepatan rendah, termasuk piranti lama. Untuk keperluan modern, sound-card, dan piranti berkecepatan rendah lain, bus ini masih mencukupi. Komputer generasi terakhir seperti Pentium 4 relatif tidak menyertakan bus/slot ini di dalamnya.

Pada chipset south-bridge terdapat controler yang bekerja sebagai bus ISA sekaligus interface dengan bus PCI di atasnya. Chip super I/O biasanya terhubung kepadanya, terutama pada sistem lama yang masih memiliki slot ISA. Bus lain bernama EISA hasil dari arsitektur Micro Channel IBM untuk kompatibel dengan PC. IBM Micro Channel Architecture (MCA) sendiri selesai dibuat pada tahun 1987 ketika mikroprosesor 80386 diluncurkan tahun 1985.

3. Bus PCI

Bus 32-bit yang normalnya berjalan pada 33MHz. Komputer yang modern mendukung PCI 64-bit 66MHz. Bus ini terdapat baik pada chipset north-bridge atau pada I/O controller hub. Disajikan di motherboard sebagai slot 32-bit yang umumnya berwarna putih sebanyak 3 dan 6 slot dan banyak digunakan oleh peripheral komputer yang membutuhkan kecepatan tinggi, misalnya SCSI, kartu jaringan (Network Interface Card, NIC), dan lain-lain.

4. Bus AGP

Bus cepat 32 bit yang khusus untuk kartu grafis/video. Berjalan pada kecepatan 66MHz (AGP 1x), 133MHz (AGP 2x), 266 MHz (AGP 4x), atau 533 MHz (AGP 8x) yang akan menghasilkan bandwith hingga sebesar 2,133 MB/det, AGP dihapuskan ke north-bridge atau memori controller hub pada chipset dan konektornya pada motherboad yang diwujudkan dalam bentuk slot AGP pada sistem yang mendukungnya. Umumnya berwana coklat.

Pada motherboard ada juga bus yang tersembunyi, misalnya LPC. Bus ini hanya terdapat pada chipset arsitektur hub dan tidak ada konektor hubungan keluar yang dapat dilihat.

Bagaimana sobat, sudah pahamkan penjelasan tentang Pengertian Sistem Bus, Jenis dan Macam-Macam Bus Komputer. Kalau sudah paham,jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya dan share artikel kami. Terima kasih.

Sumber : Budiharto, Widodo dan Firmasyah, Sigit. 2005. Elektronika Digital dan Mikroposesor. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Next Post Previous Post