Niat Puasa Sunah Rajab dan Keutamaan Puasa Rajab

Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Hari Pertama Ke Dua , 3 Manfaat Lengkap Latinnya - Rajab yaitu bulan ke tujuh (7) dalam perhitungan kalender komariah atau hijriyah , serta di bulan ini telah terjadi sebuah peristiwa agung dalam sejarah agama islam yaitu di isra dan di mi'rajkan-nya nabi besar kita muhammad saw , sekaligus menjadi pertama dari di turunkannya wahyu kepada baginda rosul yang isinya sebuah perintah shalat wajib lima waktu yang bertepatan dengan tanggal 27 rajab.

Sehingga dengan begitu bulan rajab juga di kenal oleh masyarakat muslim sebagai bulan yang di mulaiakan selain bulan ramadhan , maka dengan begitu alangkah baiknya kalau sebagai umat muslim yang baik kita memperbanyak amalan di bulan rajab , salah satunya dengan cara melakukan puasa bulan rajab. Jika kita cermati dari beragai sumber terdapat banyak sekali keutamaan , fadhilah dan pesan yang tersirat puasa di bulan rajab , Sebagai mana dalam sebuah hadist/dalil puasa rajab yang di riwayatkan oleh At-Tabrhani :

"Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana dia puasa selama sebulan , bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam , bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari , maka Tuhan akan mengabulkan semua permintaannya"

Baca juga : Kumpulan doa sehari-hari lengkap dengan terjemahnya

Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Hari Pertama Ke Dua , 3 Manfaat Lengkap Latinnya

Maka melihat banyaknya keutamaan-keutamaan dalam melakukan puasa di bulan ini , tidak ada ada salahnya kalau kita pun menyempatkan waktu untuk puasa di bulan rajab , tanggal berapa , atau kapan mulai puasa tersebut di kerjakan , mampu mulai dari tanggal 1 rajab , alasannya yaitu sebagai mana hadist di atas semakin banyak hari untuk berpuasa sunnah di bulan rajab maka semakin berlimpah pula pahala yang akan di dapatkan.

Sementara untuk tata cara puasa rajab sama halnya menyerupai puasa sunnah lainnya yaitu dari mulai terbitnya matahari (shubuh) hingga terbenam (maghrib)< yang membedakannya teletak pada niatnya saja begitu juga pada niat puasa ramadhan hal ini selalu menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya serta menjadi penentu antara sah dan tidaknya puasa tersebut. Berikut Bacaan niatnya di bawah ini

Baca juga : Bacaan niat Qadha Puasa Ramadhan

Niat Puasa Sunnah Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma ghodin fii syahri rajabi sunnatan lillahi ta'aalaa

Artinya : "Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala"

Jika kita ingin menjalankan puasa Rajab di siang hari tetapi lupa atau tidak sempat membaca niat pada malam harinya, boleh menyusul mengucapkan niat puasa Rajab pada saat itu juga selama pada siang harinya kita belum makan, minum dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh. untuk lafadz niat puasa sunah Rajab di siang hari adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzaal yaumi 'an ada'i sunnati Rajaba lillahi ta'aalaa

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta'ala."

Dan tentunya puasa di  bulan Rajab mempunyai banyak keutamaan yang bisa menjadi kekuatan kita untuk menjalankannya. Berikut beberapa hadis yang menerangkan keutamaan puasa bulan Rajab.

Keutamaan Puasa Di Bulan Rajab

Berikut beberapa keutamaan menjalankan puasa di bulan rajab :

  • "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka di gantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."
  • Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah Saw memasuki bulan Rajab beliau berdo'a:"Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya'ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan." (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).
  • Riwayat Al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: "Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana  berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya."
  • Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad Saw bersabda: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku." 
  • "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, Airnya lebih putih dari pada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".
  • Sabda Rasulullah Saw : "Pada malam mi'raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril as : "Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini? "Maka berkata Jibril as: "Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca solawat untuk engkau di bulan Rajab ini".

Bacaan niat puasa rajab ini harus di ucapan setiap akan melakukan puasa bulan rajab , jangan hingga lupa serta di bacakan pada malam hari atau sebelum datangnya waktu puasa misalnya sebelum waktu shubuh. Bagi yang belum hafal atau ada yang lupa silahkan di baca berulangkali semoga lebih faham lagi , atau jangan lupa pelajari hal-hal yang bersangkutan dengan niat puasa sunnah bulan rajab hari pertama ke dua , 3 manfaat lengkap latinnya 2017 , jatuh pada tanggal , berapa hari , menikah di bulan rajab , hukum , hadits shahih wacana , manfaat , menurut sunnah dan lain sebagainya.
Next Post Previous Post