Bacaan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Puasa senin kamis ialah salah satu jenis puasa yang termasuk pada kategori sunnah , juga merupakan yang selalu rosululloh saw kerjakan semasa hidupnya , oleh alasannya ialah itu alangkah baiknya kita sebagai umat-nya untuk senantisa mengerjakan puasa ini biar kita termasuk pada umat nabi yang taat terhadap aturan-aturannya , alasannya ialah kita yakin barang siapa yang selalu mengikutinya maka kita akan menerima safaat di yaumul selesai nanti.

Ada apa belakang layar di balik ibadah sunnah ini , sehingga rosul selalu mgerjakan , bahkan tidak pernah meninggalkannya ? Ternyata selain banyak keutamaan dan manfaat-nya , pada senin dan kamis segala amal umat insan di persembahkan kecuali orang-orang yang bermusuhan , dalil yang mengambarkan perihal ini yaitu di riwayatkan oleh tirmidzi dan tentunya shahih.

Jangan periksa oleh sang maha kholik rab semesta alam, perhatikan oleh atasan kerja atau guru pun kami ingin menawarkan yang terbaik, segala hal pasti bekerja untuk menerima nilai terbaik. Ini allah swt yang memiliki dan menciptakan kita , semua kehidupan berada di tangan , maka tentu hal paling istimewapun ingin dipersembahkan. Maka dari itu rosululloh melihat mengerjakan puasa ini biar saat amal di periksa sedang berada dalam keadaan suci , tentunya dengan niat puasa senin kamis yang baik dan benar.

Baca juga : Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu Lengkap

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Dan Doa Berbukanya Menurut Islam

Untuk cara mengerjakan puasa sunnah ini, sama hal-nya menyerupai pada umumnya (misalnya wajib) yaitu mulai semenjak puasa keluarnya fajar (waktu Subuh) hingga terbenamnya matahari (waktu maghrib). Meskipun puasa ini hukumnya sunnah untuk syarat dan rukun harus dilaksanakan sebagaimana mestinya tetapi niat, di antaranya adalah menghadirkan puasa.

Niat puasa termasuk pada kategori rukun , sehingga jikalau di tinggalkan maka tidak sah puasanya , alasannya ialah salah satu rukun tertinggal , maka tidak boleh tidak niat ini harus terlaksanakan. Para ulama fikih sepakat , waktu membacakan atau menghadirkannya ialah pada malam hari atau sebelum datangnya-nya waktu di mualai-nya puasa , tetapi ada kemurahan pada puasa sunat , jikalau lupa maka bisa di waktu siang asalkan kita belum mengerjakan aktivitas-aktivitas yang bisa membuat puasa tersebut batal misalkan makan dan minum. Untuk niat-nya bisa di simak di bawah ini :

Baca juga : Kumpulan doa sehari-hari lengkap dengan tulisan latin dan terjemahannya

Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Berikut bacaan niat puasa sunah senin dan kamis :

Niat Pusa Sunnah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal isnaini sunatan lillahi taala

Artinya : Aku niat puasa sunat hari senin alasannya ialah alloh taala.

Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomsi sunatan lillahi ta'ala

Artinya : Aku niat puasa sunat hari kamis alasannya ialah allah taala

Doa Berbuka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'ala rizkika afthortu birohmatika yaa arhama roohimin

Artinya : Ya alloh karenamu saya berpuasa denganmu saya beriman , kepadamu saya berserah dan dengan rizkimu saya berbuka , dengan rahmatmu ya alloh yang kuasa maha pengasih.

Untuk Tempat pelafadan niat yaitu di dalam hati , sedangkan pelafadan niat di ekspresi ialah sunat dengan tujuan untuk membantu meluruskan niat di dalam hati , dan boleh membcakan niat ini dengan bahasa arab , latin dan juga artinya , tinggal kita pilih mana yang kita mampu.

Adapun keutamaan puasa pada hari senin dan kamis salah satunya terdapat pada sebuah hadist yang artinya: "Dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Nabi saw lebih sering berpuasa pada hari senin dan kamis. lalu ditanyakan orang kepadanya apa sebabnya, maka Nabi bersabda. Sesungguhnya amalan-amalan itu dipersembahkan pada hari senin dan kamis, maka Allah mengampuni setiap muslim atau setiap mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan maka Allah berfirman: tangguhkanlah kedua mereka itu. (H.R. Ahmad dengan sanad yang shahih)

Dari hadist diatas di terangkan bahwa orang yang berpuasa pada hari senin dan kamis di ampuni dosa-dosanya karena pada hari senin dan kamis amalan-amalan dipersembahkan kepada Allah Swt, kecuali dua orang yang sedang bermusuhan.

Baca juga : Niat Sholat Tahajud Lengkap Beserta Artinya

Itulah pembahasan perihal niat puasa senin kamis semoga dengan adanya tilisan ini kita semua termotivasi untuk senantiasa mengerjakannya , dan mudah-mudahan juga bermanfaat. Untuk Mengetahui dari manfaat shalat tasbih bisa di lihat pada halaman shalat tasbih.

Next Post Previous Post