Pengertian Router, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Router merupakan salah satu dari macam-macam hardware atau perangkat keras komputer jaringan yang dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama ataupun jaringan yang berbeda dari sudut teknologinya, seperti menghubungkan jaringan yang memakai topologi Bus, Star dan Ring.

Router merupakan satu buah fasilitas yang mengirimkan paket data lewat suatu jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui proses yang dikenal yang dengan sebutan routing. Proses routing ini berlangsung dalam lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Pengertian Router dan Fungsinya

Router berfungsi juga sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk menyambungkan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

Router berbeda dengan switch. Switch adalah penghubung berbagai fasilitas untuk membuat satu buah jaringan LAN (Local Area Network).

  1. Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi menyampaikan paket data sampai ke tujuan dengan proses routing yang bekerja di layer 3 pada standar lapisan OSI. Sedangkan switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan perangkat jaringan seperti komputer, printer, IpPhone, dll menjadi sebuah local area network (LAN) dan switch bekerja di layer 2 pada standar lapisan OSI.

  2. Router di design untuk bisa menghubungkan dengan jaringan lain yang mempunyai alamat network yang berbeda. Sedangkan switch hanya mampu menghubungkan komputer dengan alamat network yang sama.

  3. Router di design untuk menghubungkan switch yang berada antar jaringan. Sedangkan switch berfungsi untuk menghubungkan komputer yang berada dalam satu jaringan.

Perbedaan fungsi dari router dan switch. Switch adalah satu buah jalanan dan router sebagai jembatannya. Di jalan tersebut terdapat beberapa rumah, dan masing-masing rumah mempunyai alamat dalam sebuah urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai fasilitas, di mana masing-masing fasilitas mempunyai alamat IP sendiri pada suatu LAN.

Jenis Router

Router sangat diperlukan dalam sebuah jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis ini disebut degan IP Router. Selain IP Router, ada juga AppleTalk Router, dan masih banyak lagi jenis router yang sekarang beredar luas dipasaran.

Fungsi Router

Router bisa digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke suatu jaringan yang lebih besar, yang sering kita sebut dengan istilah internetwork. Atau fungsi router adalah untuk membagi satu buah jaringan besar ke dalam sekian banyak subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga menopang manajemennya.

Selain digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil, Router juga terkadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggnakan sarana yang berbeda.

Seperti halnya router wireless yang pada umumnya akan menghubungkan satu unit komputer dengan memanfaatkan radio. Selain itu, router ini mensupport penghubungan komputer dengan sebuah kabel UTP, atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Router juga bisa menghubungkan LAN ke satu buah pelayanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan menghubungkan LAN ke satu buah koneksi leased line seperti T1, atau T3, yang sering disebut dengan access server. Sementara itu, router yg digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke suatu koneksi DSL dinamakan dengan DSL router.

Jenis-jenis Router tersebut biasanya mempunyai fungsi firewall utk melaksanakan penapisan paket berdasarkan alamat sumber & alamat tujuan paket tersebut, meskipun kebanyakan router tidak memilikinya. Router yang memiliki feature penapisan paket disebut packet-filtering router.

Router rata rata memblokir lalu lintas data yg dipancarkan secara broadcast. Sehingga hal ini dapat mencegah adanya broadcast storm yang dapat memperlambat kinerja jaringan.

Cara Kerja Router

Cara kerja router. Router bekera dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampa terkirim ke tujuan.

Berikut ilustrasi cara kerja router.

Pengertian Router dan Fungsinya

Cara kerja router dapat dilihat pada gambar di atas. Pada gambar diatas terdapat dua buah network yang terhubung pada sebuah router. Network yang berada pada sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat 192.168.1.0 serta pada network yang sebelah kanan yang terhubung ke port 2 router mempunyai alamat 192.155.2.0.

  • Komputer A mengirim sebuah data kepada komputer C, router tidak akan meneruskan data tersebut kepada jaringan yang lainnya.
  • Begitu juga apabila ketika komputer F mengirim sebuah data kepada komputer E, router tidak akan meneruskan paket data tersebut kepada network yang lainnya.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan sebuah data kepada komputer B, router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer B.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Router dan Fungsinya, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Next Post